PENENTUAN PENGISIAN VOLUME BOTOL MENGGUNAKAN PID (PROPORTIONAL INTEGRAL DERIVATIVE) BERBASIS RASPBERRY PI

Main Article Content

Miftachul Ulum
Haryanto
Wahyudi

Abstract

Dalam pengisian air pada botol banyak yang hanya mengisi botol sesuai botol yang ditentukan, serta hanya satu volume yang tersedia, sehingga pada alat ini penulis membuat alat untuk penentuan pengisian volume botol menggunakan PID (Proportional Integral Derivative) berbasis raspberry pi. Cara kerja dari sistem ini objek dijalankan oleh konveyor untuk menuju tempat pengisian. Dalam konveyor terdapat tiga botol berbaris kebelakangan dengan volume yang berbeda, kemudian objek yang akan di proses berada di tempat pengisian, ketika sensor proximity mendeteksi adanya botol dengan volume tertentu maka sensor proximity akan mengidentifikasi ke raspberry pi untuk diproses volume berapa yang akan dikeluarkan oleh pompa yang akan dikombinasikan dengan metode PID. Setelah itu dibantu oleh pompa maka selang dapat diturunkan sehingga terjadi proses pengisian dengan dibantu oleh sensor flow meter air sesuai volume botol. Dalam pengisian peran PID menetukan lajur air yang mengalir dan dilanjutakn terhadap sensor flow meter, maka dari itu akan dilakukan pengisian sesuai setpoint yang telah terbaca. Pada pengisian air menggunakan metode PID menghasilkan kestabilan yang teratur, sehingga pengisian mencapai setpoint yang ditentukan dan waktu pengisian tidak jauh berbeda saat pengisian. Tingkat keberhasilan pengisian dan menentukan volume mencapai 96% dan tingkat kegagalan 4 % pada penentuan titik pengisian

Article Details

How to Cite
Miftachul Ulum, Haryanto, & Wahyudi. (2020). PENENTUAN PENGISIAN VOLUME BOTOL MENGGUNAKAN PID (PROPORTIONAL INTEGRAL DERIVATIVE) BERBASIS RASPBERRY PI. SinarFe7, 3(1). Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/315
Section
Articles

References

S. W. Suryono, “c,” Orbith Vol. 11 No. 3 Novemb. 2015 167 – 172 Alat, 2015.

Thiang Thiang, Yohanes TDS, and Andre Mulya, “Pengaturan Level Ketinggian Air Menggunakan Kontrol PID,” J. Tek. Elektro, 2004.

“Rancang Bangun Sistem Pengatur Pengisian Air Galon Otomatis Berbasis Mikrokontroler Atmega328p,” J. Karya Ilm. Tek. Elektro, 2018.

S. Suwito, T. Tasripan, H. Kusuma, and A. R. Muthalip, “Rancang Bangun Sistem Pendeteksi Lubang pada kertas Tisu Berbasis Informasi Visual dengan Raspberry Pi,” JAVA J. Electr. Electron. Eng., 2012.

L. Cairan, D. Menggunakan, and T. C. P. Ip, “Aplikasi kontrol pid untuk pengendalian ketinggian level cairan dengan menggunakan tcp/ip,” pp. 1–7.

S. M. Janosik, “Anticipating Legal Issues in Higher Education,” NASPA J., 2015, doi: 10.2202/0027- 6014.1532.