RANCANG BANGUN SISTEM AKSES FINGERPRINT DAN MONITORING KONSUMSI AIR PADA POMPA GALON

Main Article Content

Fajar Sotya Pratama
Miftachul Ulum
Hanifudin Sukri

Abstract

Air menjadi salah satu keperluan pokok saat manusia beraktivitas. Manusia membutuhkan air demi mencukupi keperluan energi bagi tubuh. Kekurangan mengkonsumsi air minum saat tubuh terlalu banyak berkeringat akan mengakibatkan masalah keseimbangan cairan tubuh sehingga terjadi dehidrasi. Saat ini, sebagian besar rumah tangga mengkonsumsi air tanpa mengetahui berapa banyak air yang sudah mereka konsumsi.. Kurangnya kesadaran ini adalah akibat dari tidak tersedianya alat untuk secara sederhana dan jelas menunjukkan berapa banyak air yang telah dikonsumsi dalam jumlah waktu tertentu. Perancangan sistem akses fingerprint dan monitoring konsumsi air pada pompa galon dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi saat menggunakan metode konvensional. Pemanfaatkan fingerprint pada pompa galon otomatis dapat memberikan akses untuk pengguna yang telah terdaftar sidik jarinya. Sensor waterflow berfungsi untuk menghitung volume air yang mengalir melewati sensor. LCD digunakan untuk menampilkan pengguna yang mengakses fingerprint dan data volume air yang digunakan. Sensor waterflow mampu membaca nilai volume air yang dikeluarkan oleh pompa galon elektrik dengan rata-rata error sebesar 0,912%.

Article Details

How to Cite
Fajar Sotya Pratama, Miftachul Ulum, & Hanifudin Sukri. (2020). RANCANG BANGUN SISTEM AKSES FINGERPRINT DAN MONITORING KONSUMSI AIR PADA POMPA GALON. SinarFe7, 3(1). Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/318
Section
Articles

References

A. C. D. Tatik Juwariyah, “Rancang Bangun Sistem Pengaman Sepeda Motor Dengan Sensor Sidik Jari,” ejournal Univ. Pembang. Nas. “Veteran” Jakarta, vol. 13, pp. 102–107, 2017.

Saeful Bahri and Putra Arista Pratama, “Perancangan Prototipe Sistem Pemantauan Pemakaian Air Secara Digital Dalam Rangka Meningkatkan Akurasi Pencatatan Pemakaian Air Pelanggan,” J. eLEKTUM, vol. 13, no. 2, pp. 21–25, 2016.

A. Mappatoba, I. Haruna, and A. Agussalim, “Prototype Sistem Monitoring Volume Bak Sampah Online Berbasis Arduino Nano dan Orange Pi,” JITCE (Journal Inf. Technol. Comput. Eng., vol. 4, no. 01, pp. 22–27, 2020.

M. H. Kurniawan, S. Siswanto, and S. Sutarti, “Rancang Bangun Sistem Keamanan Sepeda Motor Dengan Sidik Jari Dan Notifikasi Panggilan Telepon Berbasis Atmega 328,” PROSISKO J. Pengemb. Ris. dan Obs. Sist. Komput., vol. 6, no. 2, 2019.

I. N. Putra, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Kolam Renang Berbasis WEB Dengan IOT,” Jati, vol. 2, no. 2, pp. 116–121, 2018.

R. L. Singgeta et al., “Rancang Bangun Dispenser Air Bersih Otomatis Berbasis Web Menggunakan Teknologi Rfid,” J. Tek. Elektro dan Komput., vol. 8, no. 3, pp. 153–160, 2019, doi: 10.35793/jtek.8.3.2019.26652.