Rancang Bangun Alat Penentuan Tingkat Kematangan Buah Melon Dengan Sensor Max9814 dan Sensor Soil Moisture Menggunakan Logika Fuzzy

Main Article Content

Imam Wahyudi
Haryanto
Miftachul Ulum

Abstract

Pada sektor pertanian para petani dan pembeli terkadang mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi hasil pertanian yang sudah siap panen dan matang, oleh sebab itu dibutuhkan sebuah alat yang dapat membantu untuk mengukur tingkat kematangan pada hasil pertanian terutama pada buah-buahan dan pada penelitian ini difokuskan padabuah melon, dan untuk mengidentifikasi kematangan buah melon diidenfikasi berdasarkan kadar air dan bunyi pada buah melon ketika di ketuk, yang menggunakan Arduino mega 2560 sebagai kontrollernya dan sensor soil moisture sebagai sensor untuk mengukur kadar air serta sensor suara MAX9814 untuk mengukur bunyi atau suara yang dihasilkan melon ketika diketuk, pada penlitian ini dilakukan skema pengujian dengan membandingkan hasil data antara 10 melon mentah, 10 melon sedang, dan 10 melon masak sebagai data acuan nilai yang akan dipakai untuk kemudian diolah menggunakan metode fuzzy, dengan tahapan pertama melon diambil data kadar airnya menggunakan sensor soil moisture kemudian diambil data bunyi setelah diketuk menggunakan bandul dan kemudian data tersebut dimasukkan ke rule metode fuzzy yang sudah ditetapkan dan dapat diambil data bahwa melon matang memilik kadar air lebih dari 70% sedang kan melon sedang 60-70% dan melon mentah kurang dari 60% untuk suara yang dihasilkan semakin besar amplitudo hasil suara melon maka tingkat kematangannya semakin besar dikarenakan rongga dalam buah melon semakin besar, terdapat beberapa error saat uji coba dikarenakan noise suara yang mengganggu sinyal sensor suara sehingga didapatkan tingkat keberhasilan sebesar 93%.

Article Details

How to Cite
Imam Wahyudi, Haryanto, & Miftachul Ulum. (2020). Rancang Bangun Alat Penentuan Tingkat Kematangan Buah Melon Dengan Sensor Max9814 dan Sensor Soil Moisture Menggunakan Logika Fuzzy. SinarFe7, 3(1). Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/321
Section
Articles

References

Dewi Lestari dan Prawito 2013 -Alat Deteksi Kematangan Buah Melon dengan Sensor Suara dan Mikrokontroller At-Mega 8535.

Agung Prayoga dkk 2018 -Pengembangan Metode Deteksi Tingkat Kematangan Buah Melon Berdasarkan Tekstur Kulit Buah Dengan Menggunakan Metode Ekstraksi Ciri Statistik Dan Support Vector Machine (Svm).

Kusumaliski, N. 2015. ―Pengembangan Metode Deteksi Kematangan Melon (Cucumis melo L.) dengan ResponsImpuls Akustik‖. Institut Pertanian Bogor.

Budi Setiadi Daryono, dkk (2015) ―Aplikasi Teknologi Budidaya Melon (Cucumis melo L.) Kultivar Gama Melon Basket di Lahan Karst Pantai Porok Kabupaten Gunung kidul D.I.Yogyakarta.

Ari Permana Ginting dkk (2017) ―Pertumbuhan dan Produksi Melon (Cucumis meloL.) terhadap Pemberian Pupuk NPK dan Pemangkasan Buah.

Waqif Agusta dan Usman Ahmad (2016) “Mempelajari Tingkat Kematengan Buah Melon Golden Apollo Menggunakan Parameter Sinyal Suara”.

Dimas Rizki Radityo Dkk (2012) ―Alat Penyortir Dan Pengecekan Kematangan Buah Menggunakan Sensor Warna.