Monitoring Kualitas Air pada Cooling Tower untuk Mendukung Pengendalian Proses Blowdown berbasis Internet of Things (IoT)

Main Article Content

Novima Nurul Aini

Abstract

Sistem pendingin terpusat atau sistem pendingin udara (AC) sentral memerlukan instalasi pendingin. Secara umum instalasi pendingin terdiri dari unit chiller dan unit menara pendingin. Proses pendinginan umumnya dimulai dari keluaran air panas dari subsistem penukar panas, mengalir ke menara pendingin. Proses ini mendinginkan air secara bertahap, dan lama kelamaan akan menyebabkan kejenuhan. Jika sistem terus menggunakan sisa air yang sama, akan menyebabkan masalah pada unit pendingin. Proses blowdown diperlukan untuk menjaga kualitas air di menara pendingin. Selama ini proses blowdown masih dilakukan secara manual tanpa adanya fasilitas remote monitoring. Selain itu, sistem yang ada tidak dapat dengan mudah memantau kualitas air di menara pendingin untuk mengetahui tingkat kejenuhan air melebihi batas toleransi. Penelitian ini telah mengembangkan sistem pemantauan kualitas air untuk mengatasi permasalahan di atas. Sistem yang dikembangkan mempertimbangkan beberapa parameter untuk mengaktifkan proses blowdown, antara lain kandungan power of hydrogen (pH), total padatan terlarut (TDS), dan kekeruhan, yang dapat mengaktifkan pompa blowdown ketika salah satu parameter tidak memenuhi standar persyaratan. Selain itu, pemantauan jarak jauh dan kontrol manual melalui aplikasi Blynk melengkapi sistem untuk menjalankan pompa blowdown di menara pendingin berbasis Internet of Things (IoT), yang mendukung proses blowdown berkelanjutan. Dalam pengujian, berhasil mengaktifkan pompa blowdown ketika pH, TDS, atau kandungan kekeruhan tidak memenuhi standar yang ditetapkan. Pengujian lima kali menunjukkan bahwa pompa air bersih dapat diaktifkan ketika air telah habis.

Article Details

How to Cite
Novima Nurul Aini. (2021). Monitoring Kualitas Air pada Cooling Tower untuk Mendukung Pengendalian Proses Blowdown berbasis Internet of Things (IoT). SinarFe7, 4(1), 107–111. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/33
Section
Articles

References

S. Dibyo, “Penentuan Laju Blow-Dwon Sistem Menara Pendingin RSG-GAS,” Pros. Pertem. Dan Present. Ilm. Penelit. Dasar Ilmu Pengetah. Dan Teknol. Nukl. P3TM-BATAN Yogyak., vol. 1, p. 57, 2003.

I. Renaldi and A. D. Juniarti, “Analisa Kualitas Cooling Tower Pada Cooling Water System di Butadiene Plant PT. XYZ Dengan Metode Six Sigma dan PDCA,” J. InTent, vol. 1, no. 1, p. 13, 2018.

W. Hildayani, “Pengontrol Proses Pengolahan Air Pada Cooling Water di PT. XYZ Menggunakan Diagram Kontrol MEWMA dan MEWMV,” Fak. Mat. Dan Ilmu Pengetah. Alam Inst. Teknol. Sepuluh Nop., vol. 1, p. 1, 2015.

A. Fahreza, A. Mahfud, and I. B. Rahardja, “Prototype Sistem Blowdown Otomatis Berbasis Arduino Uno Dengan Monitoring Konsentrasi TDS di Pipa Blowdown Boiler,” Pros. SEMNASTERA Semin. Nas. Teknol. Dan Ris. Terap. Politek. Sukabumi, p. 6, 2019.

R. Kharisma and S. Thaha, “Rancang Bangun Alat Monitoring Dan Penanganan Kualitas Air Pada Akuarium Ikan Hias Berbasis Internet Of Things (IOT),” J. Tek. ELEKTRO DAN Komput. TRIAC, vol. 7, no. 2, p. 6, 2020.

K. Hamamni, M. Mukhsim, and D. Siswanto, “Prototipe Sistem Monitoring Biaya Penggunaan Listrik Pada Rumah Kos Berbasis IoT,” JASEE J. Appl. Sci. Electr. Eng., vol. 1, no. 02, pp. 35–46, Feb. 2021, doi: 10.31328/jasee.v1i02.12.