Simulasi Logika Fuzzy Percepatan Motor Menggunakan Sensor Piezoelektrik Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno

Main Article Content

Idzar Rachmad Dhani

Abstract

dimiliki sebagian kristal maupun bahan-bahan tertentu lainnya yang dapat menghasilkan tegangan lisrik jika mendapatkan perlakuan tekanan atau regangan. Piezoelektrik adalah suatu efek yang reversibel. Motor Stepper adalah alat mesin listrik yang mengubah sinyal listrik ke dalam gerakan mekanis diskrit. mikrokontroler simpan sebagai 'otak' yang mengendalikan input, proses dan output sebuah rangkaian elektronik.Sensor Piezoelektrik merupakan komponen utama yang menjalankan sistem pengukuran motor sebagai perintah output motor. Sensor piezoelektrik memproses kecepetan sesuai dengan program yang sudah ditentukan untuk mengendalikan output berupa motor, LCD, dan LED. LCD digunakan sebagai tanda bahwa motor dalam kecepatan berapa. Fuzzifikasi merupakan tahap awal yang dilakukan dalam metode logika fuzzy. Tahap ini dilakukan dengan proses mengubah nilai (numerik) menjadi himpunan fuzzy menggunakan fungsi keanggotaan (membership function). Aturan fuzzy dibuat berdasarkan keadaan yang diinginkan. Defuzifikasi merupakan tahap akhir dalam perancangan logika fuzzy. Logika fuzzy akan menyala pada motor setelah menerima input data dari sensor piezeoelektrik.Ketika sensor tekanan piezoelektrik maka motor bergerak lambat dan dipimpin yang berwarna hijau. ketika sensor tekanan piezoelektrik sedang maka motor bergerak dan led yang berwarna kuning akan menyala. Ketika tekanan sensor piezoelektrik tingg maka motor bergerak cepat dan led yang berwarna merah akan menyala.

Article Details

How to Cite
Idzar Rachmad Dhani. (2021). Simulasi Logika Fuzzy Percepatan Motor Menggunakan Sensor Piezoelektrik Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno. SinarFe7, 4(1), 112–117. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/34
Section
Articles

References

B. Y. Sun, M. Qian, and J. Zhang, “Review and prospect on research for piezoelectric sensors and Dynamometers,” Journal of Dalian University of Technology, Dalian, vol. 41, no. 2, 2001, pp. 127-133.

Jr, William R Cook. 2010. Ferroelectric and piezoelectric materials. Ohio, Amerika Serikat.

Triwahyuni, Dona., 2010, Sintesis dan Karakterisasi Bahan Piezoelektrik Bi0,5Na0,5TiO3 (BNT) dengan Metoda Molten Salt.