Simulasi Logika Fuzzy Pada Pengatur Sensor Suhu dan Kelembapan Tanah Tanaman

Main Article Content

Mohammad Iqbal Salim

Abstract

Kelembaban tanah dan suhu merupakan parameter yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tanaman dalam rangka pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Dalam menentukan kelembaban tanah dan suhu yang sesuai dengan tanaman membutuhkan suatu sistem pengendali atau sistem kontrol. Sistem pengendali ini menggunakan Arduino Uno sebagai pemroses data input menjadi sebuah keputusan output. Penggunaan sensor suhu dan sensor kelembapan dibutuhkan untuk megetahui kondisi parameter dari suhu dan kelembapan tanah. Sensor suhu dan kelembapan yang digunakan yakni sensor suhu DHT11 dan sensor kelembapan YL-69 Pada sistem pengendali ini dirancang menggunakan logika fuzzy sebagai metode pengambil keputusan untuk mempertahankan kelembaban tanah dan suhu yang baik untuk tanaman. Logika fuzzy merupakan salah satu sistem pendukung keputusan yang cocok untuk diterapkan pada sistem pengendali. Logika fuzzy terdiri dari fuzzyfikasi dan pembentukan aturan fuzzy. Pada logika fuzzy ini menggunakan dua input dan dua output. Dua input tersebut adalah tingkat kelembaban tanah dan suhu dalam derajat. Output yang diinginkan merupakan waktu yang dibutuhkan dalam mengendalikan kelembaban tanah dan suhu agar tetap sesuai dengan kebutuhan pada tanaman yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan suatu tanaman.

Article Details

How to Cite
Mohammad Iqbal Salim. (2021). Simulasi Logika Fuzzy Pada Pengatur Sensor Suhu dan Kelembapan Tanah Tanaman. SinarFe7, 4(1), 136–139. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/38
Section
Articles

References

Defi Zeila Harfi, P. P. (2018). Monitoring Dan Pengendali Kelembaban Dan Suhu Tanah Pada Tanaman Cabai Di Wadah Menggunakan Fuzzy Logic. e-Proceeding of Engineering, 2.

Lutfiyana, N. H. (2017). Rancang Bangun Alat Ukur Suhu Tanah, Kelembapan Tanah, dan Resistansi. Jurnal Teknik Elektro, 80-81.

Riza Samsinar, H. S. (2018). Rancang Bangun Pengaturan Temperatur Udara Pada Konveyor Industri Elektrik Menggunakan Logika Fuzzy. Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2018, 4-5.