Pengembangan Bahan Ajar Digital Pembangkit Listrik Tenaga Air untuk Mata Kuliah Pembangkit Tenaga Listrik

Main Article Content

Faiz Syaikhoni Aziz
A.N. Afandi
Slamet Wibawanto

Abstract

Pembangkit Listrik Tenaga Air merupakan pembangkit terbesar keempat sebagai pemasok listrik nasional. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang mendapatkan informasi yaitu belum adanya bahan ajar Pembangkit Listrik Tenaga Air berupa modul digital dan video pembelajaran yang interaktif. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah merancang, mengembangkan, dan menguji kelayakan bahan ajar digital Pembangkit Listrik Tenaga Air. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE, dengan tahapan : (1) analyze, (2) design, (3) develop, (4) implement, dan (5) evaluate. Hasil dari pengembangan bahan ajar digital berupa modul digital dan video pembelajaran yang telah divalidasi oleh ahli serta telah diuji cobakan kepada mahasiswa. Hasil uji validasi modul oleh ahli memperoleh persentase sebesar mahasiswa 90.73% (sangat valid), hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 93,25% (sangat layak), dan hasil uji coba lapangan memperoleh persentase sebesar 87,98% (sangat layak). Sedangkan hasil validasi video pembelajaran oleh ahli memperoleh persentase sebesar 93,22% (sangat valid), hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 88,38% (sangat layak), dan hasil uji coba lapangan memperoleh persentase sebesar 88,6% (sangat layak). Berdasarkan skor tersebut, modul dan video pembelajaran dinyatakan valid dan layak digunakan untuk pembelajaran.


 

Article Details

How to Cite
Faiz Syaikhoni Aziz, A.N. Afandi, & Slamet Wibawanto. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Digital Pembangkit Listrik Tenaga Air untuk Mata Kuliah Pembangkit Tenaga Listrik. SinarFe7, 2(1), 22–27. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/392
Section
Articles

References

Hamalik. Oemar, Proses Belajar Mengajar, Jakarta : PT Bumi Akasara, 2013.

Mudlofir. Ali, Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Agama Islam, Surabaya: Rajawali Pers, 2011.

Ardianto. Elvinaro, Komunikasi Massa Suatu Pengantar, Bandung : Simbiosa Rekatama Media, 2016.

Djk. ESDM, Statistika Ketenagalistrikan, Jakarta, 2015, (Online),(http://www.djk.esdm.go.id/pdf/Buku%20Sta tistik%20Ketenagalistrikan/Statistik%20Ketenagalistri kan%20T.A.%202016.pdf) diakses 10 April 2017.

Branch. R,M, Instructional Design: The ADDIE Approach, Springer Science+Business Media: New York, 2009.

Katalog Teknik Elektro UM, Malang , 2014, (online) (http://elektro.um.ac.id/wpcontent/uploads/2016/02/ Kurikulum-Program-Studi-S1-Pendidikan-Teknik-Elektro-FT-UM-2014.pdf) diakses 10 April 2017.