Variasi Frekuensi Dan Jarak Antar Kumparan Pada Sistem Wireless Power Transfer

Main Article Content

Annisa Rifqiana
Wijono

Abstract

Sistem Wireless Power Transfer (WPT) menggunakan gelombang medan magnet sebagai metode pengiriman daya. Medan magnet pada metode kopling induktif bekerja pada jarak dekat. Parameter sistem WPT perlu ditentukan untuk meningkatkan efisiensi sistem. Rangkaian LC kumparan pengirim dan penerima membutuhkan frekuensi resonansi yang sama untuk pengiriman daya maksimum. Selain itu, konfigurasi bentuk dan jarak antar kumparan juga perlu diperhitungkan untuk menghasilkan fluks yang maksimum. Pada penilitian ini dilakukan simulasi dan penghitungan efisiensi WPT kemudian dilakukan analisis pengaruh variasi frekuensi dan jarak antar kumparan terhadap efisiensi WPT. Hasil simulasi dan penghitungan menunjukan jarak antar kumparan berbanding terbalik dengan efisiensi WPT. Semakin besar frekuensi maka nilai efisiensi semakin besar. Jarak dan frekuensi optimum untuk mencapai efisiensi maksimum pada simulasi adalah 0,001 m dan frekuensi 220 KHz dengan nilai efisiensi 24,888%. Sedangkan pada penghitungan jarak dan frekuensi paling optimum untuk mencapai efisiensi maksimum adalah 0,001 m dan frekuensi 220 KHz dengan efisiensi 18,8855%.

Article Details

How to Cite
Annisa Rifqiana, & Wijono. (2023). Variasi Frekuensi Dan Jarak Antar Kumparan Pada Sistem Wireless Power Transfer. SinarFe7, 2(1), 28–32. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/393
Section
Articles

References

Samal, Satish K, Durga P Kar, Pradymna K Sahoo, Satyanayaran Bhuyan, and S N Das. 2017. "Analysis of the Effect of Design Parameters on the Power Transfer Efficiency of Resonant Inductive Coupling based Wireless EV Charging System." International Conference on Innovations in Power and Advanced Computing Technologies. India: Science and Engineering Research Board, DST, Government of India. 1.

Sourabh Pawade, Tushar Nimje, Dipti Diwase. 2012. "Goodbye Wires: Approach to Wireless Power Transmission." International Journal of Emerging Technology and Advanced Engineering.