Rancang Bangun Linetracer Pada Penerapan Mata Kuliah Rangkaian Digital

Main Article Content

Farid Baskoro
Mohammad Meizaki Fatihin
Aristyawan Putra Nurdiansyah

Abstract

Rangkaian digital merupakan rangkaian yang menangani tegangan tinggi dan rendah. Tegangan tinggi biasanya diartikan dengan 5 volt, dan tegangan rendah diartikan dengan 0 volt. Rangkaian digital dapat digunakan sebagai pengantar untuk menekuni bidang elektronika. Telah banyak rangkaian digital yang telah diciptakan termasuk linetracer. Pada penelitian ini, linetracer digunakan sebagai media pembelajaran rangkaian digital, dengan mencari nilai sensor untuk menentukan pergerakan linetracer sehinggga diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas dalam melatih logika pemprograman dan melatih kreatifitas dalam pembuatan bentuk fisik robot. Metode yang digunakan dalam penelitian ini diawali dengan studi literatur tentang identifikasi kebutuhan sistem berupa komponen yang dibutuhkan, sehingga menjadi langkah selanjutnya untuk melakukan perancangan perangkat keras dan perancangan perangkat lunak.
Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil pengujian berupa nilai sensor sebesar kurang dari 55 ketika lantai berwarna putih dan nilai sensor sebesar lebih dari 900 ketika lantai berwarna hitam. Dengan perbedaan nilai saat mendeteksi warna lantai, membuat linetracer memiliki dua pola gerakan yang berbeda yaitu berbelok ke kiri dank e kanan.

Article Details

How to Cite
Farid Baskoro, Mohammad Meizaki Fatihin, & Aristyawan Putra Nurdiansyah. (2023). Rancang Bangun Linetracer Pada Penerapan Mata Kuliah Rangkaian Digital. SinarFe7, 2(1), 48–53. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/397
Section
Articles

References

Baskoro. Farid, Pusoitaningayu. Pradini, "Komunikasi data dan komputer," Unesa University Press, hal 130., Illus, 15,5 x 23, 2018.

Tokheim. Roger L,"Elektronika digital edisi kedua," Erlangga, Jakarta, 1990.

Romadhon. Ahmad Sahru, Fuad. Muhammad, "Perancangan sistem kontrol gerakan pada robot linetracer," Universitas Trunojoyo Madura, vol. 1, no. 1, 2013.

Widianto. Eko Didik, "Rancang bangun sistem kontrol robot line follower menggunakan logika fuzzy," Universitas Diponegoro, vol. 3, no. 4, 2010

Supatmi. Sri, "Pengaruh sensor LDR terhadap pengontrolan lampu," Universitas Komputer Indonesia, vol. 8, no. 2, 2010.

Datasheet. Atmel," 8-bit AVR Microcontroller with 32K Bytes In-System Programmable Flash," Atmel Corporation, 2015.