Penentuan Kualitas Warna Batu Blue Sapphire Dengan Image Processing Menggunakan Metode RGB To HSV

Main Article Content

M.Zainul Arifin
Koko Joni
Miftachul Ulum

Abstract

Pengolahan gambar dengan menggunakan image processing merupakan salah satu metode untuk menentukan kualitas batu permata ada 4c yaitu color, clarity, carats, cutting dan dengan skripsi saya ini akan menggunakan salah satu penentu kualitas dan harga pada batu permata yaitu penentuan pada warna batu permata. Maka dari itu saya membuat skripsi ini untuk orang awam atau penggemar batu permata blue sapphire yang baru pertama kali menggeluti pada bidang batu permata blue sapphire karena orang yang belum mempunyai pengalaman akan kesulitan untuk menentukan warna yang berkualitas baik pada batu permata blue sapphire. Tujuan untuk membuat skripsi ini untuk mengatasi permasalahan dalam menentukan kualitas warna pada batu blue sapphire dengan mengguanakan microscope digital dan raspberry pi 3 agar bisa digunakan secara portable untuk memproses sebuah gambar dari batu blue sapphire saya menggunakan metode RGB to HSV dan pemrograman nya menggunakan phyton dan open cv sebagai library.

Article Details

How to Cite
M.Zainul Arifin, Koko Joni, & Miftachul Ulum. (2023). Penentuan Kualitas Warna Batu Blue Sapphire Dengan Image Processing Menggunakan Metode RGB To HSV. SinarFe7, 2(1), 59–63. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/399
Section
Articles

References

D. E. Pratomo, “Identifikasi Jenis Batu Akik Menggunakan Metode Learning Vector Quantization,” Skripsi, Fakultas Teknik: Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016.

F. Sirait, and Yoserizal, “Pemanfaatan Raspberry pi sebagai Processor pada Pendeteksian dan Pengenalan Pola Wajah,” Jurnal Teknologi Elektro, vol. 7, pp. 146-150, 2016.

GIA, t.thn. Sapphire Quality Factors. https://www.gia.edu/sapphire-quality-factor>

L. B. Prianggodo, “Perancangan Object Tracking Robot Berbasis Image Processing Menggunakan Raspberry pi,” Skripsi, Fakultas Teknik: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016.

N. Khamdi, M. Susantok, and P. Leopard, “Pendeteksian Objek Bola dengan Metode Color Filtering HSV pada Robot Soccer Humanoid,” Jurnal Nasional Teknik Elektro, vol. 6, pp. 124-128, 2017.

V. Pardieu, E. V. Dubinsky, S. Sangsawong, and B. Chauvire, “Sapphire Rush Near Kataragama, Sri Lanka (February-March 2012),” URL:https://www.gia.edu/gia- news-research-nr50212, 2012

V. Goel, T. Jain, S. Singhal, and S. Kole, “Specific Color Detection in Images using RGB Modelling in MATLAB,” International Journal of Computer Applications, vol. 161, pp. 38-42, 2017