Rancang Bangun Prototype ESP Untuk Pengendapan Debu Limbah Industri Dengan Menggunakan Transformator Flyback

Main Article Content

Achmad Fiqih Fathony

Abstract

Pada penelitian ini ElectroStatic Pecipitator (ESP) merupakan salah satu alternatif penangkap debu dengan efisiensi tinggi (mencapai diatas 90%) dan jangkauan partikel yang diperoleh cukup besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembuatas prototipe ESP, untuk mengetahui cara kerja trafo flyback sebagai pemaspk tegangan tinggi pada prototipe ESP dan untuk mengetahui penangkapan debu limbah indistri. Penelitian ini menggunakan metode rekayasa eksperimental. Bentuk dari prototipe precipitator ini dibuat dengan menggunakan bahan dari akrilik, kayu, paralon 2 ½ dim. Dari hasil pengujian danperhitungan efisiensi pada prototipe elektrostatik precipitator yang telah dilakukan. Prinsip kerja alat ini pada saat rangkaian control saklar on ke EC CentrifugalFan akan bekerja selama 40 detik, kecepatan Ventrifugal Fan  dapat diatur dengan memutar potensio meter di ruang kontroler. Setelah 40 detik, kecepatan EC Centrifugal Fan akan mati dan motor akan bekerja selama 20 detik untuk melumpuhkan debu yang nemempel pada pelat CE.

Article Details

How to Cite
Achmad Fiqih Fathony. (2021). Rancang Bangun Prototype ESP Untuk Pengendapan Debu Limbah Industri Dengan Menggunakan Transformator Flyback. SinarFe7, 4(1), 585–594. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/40
Section
Articles

References

Haris, M. (2021). Prototype Pengendali Pintu Air Otomatis Pada Saluran Irigasi Berbasis Mikrokontroller Esp 32 (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).

Hadi, C. C. F. (2020). Prototype Sistem Control Berbasis Internet Of Things Pada Penyinaran Kebun Buah Naga. Circuit: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 4(1), 56-60.

Debataraja, C. L. B., & Krisnadi, I. Perancangan Prototype Sistem Monitoring Komparasi Jarak Jauh Sensor Suhu Menggunakan Iot Selama Masa Pandemik Covid-19 di Indonesia.

Adiyanto, A. N. (2020). Prototype Mesin Pengisi Galon Mandiri Pada Depot Air Minum Menggunakan Rfid (Radio Frequency Identification) Dan Adafruit Io (Doctoral Dissertation, Universitas Mercu Buana Jakarta).

Ibrahim, A. M., & Setiyadi, D. (2021). Prototype Pengendalian Lampu Dan Ac Jarak Jauh Dengan Jaringan Internet Menggunakan Aplikasi Telegram Berbasis Nodemcu Esp8266. Infotech: Journal Of Technology Information, 7(1), 27-34.

Wicaksono, M. H. D., & Aribowo, W. (2019). Pengendalian Motor DC Menggunakan Arduino Uno Pada Rancang Bangun Electrostatic Precipitator. INAJEEE (Indonesian Journal of Electrical and Electronics Engineering), 2(2), 29-33.

DWI, Mochamad Hanif; ARIBOWO, Widi. engendalian Motor DC Menggunakan Arduino Uno Pada Rancang Bangun Electrostatic Precipitator. Indonesian Journal of Engineering and Technology (INAJET), 2019, 1.2: 69-73.

Dwi, M. H., & Aribowo, W. (2019). engendalian Motor DC Menggunakan Arduino Uno Pada Rancang Bangun Electrostatic Precipitator. Indonesian Journal of Engineering and Technology (INAJET), 1(2), 69-73.

Muhardian, Reza, and Krismadinata Krismadinata. "Kendali Kecepatan Motor DC Dengan Kontroller PID dan Antarmuka Visual Basic." JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional) 6.1 (2020): 328-339.

Ningrum, H. N. K., Artono, B., Haryo, R. J. K., & Ardiansyah, S. D. (2020). Rancang Bangun Prototype Electrostatic Precipitator (ESP) Sebagai Penangkap Debu Asap Paska Pengelasan. JREC (Journal of Electrical and Electronics), 8(2), 67-74