IMPLEMENTASI METODE FUZZY LOGIC UNTUK MENENTUKAN PROPORSIONAL BADAN BERDASARKAN IMT (INDEKS MASSA TUBUH)

Main Article Content

Sirrulah Putriani
Muh. Taufiqurrohman
Joko Subur

Abstract

Badan proporsional merupakan impian semua orang, banyak cara dilakukan untuk mendapatkan badan yang proporsional, diantaranya olahraga teratur, dan banyak mengkonsumsi makanan yang bergizi. Namun kurangnya pengetahuan tentang seberapa nilai yang harus dicapai untuk proporsional sehingga kesulitan dalam menentukan bahwa badannya proporsional atau tidak. Dengan perhitungan IMT (Indeks Massa Tubuh) dapat diketahui apakah badan seseorang sudah mencapai proporsional atau belum. Alat ini memberi kemudahan dalam mengetahui proporsional badan secara praktis dan otomatis, dengan menggunakan metode fuzzy logic sebagai cara penggolongan antara kurus, normal, gemuk, maupun obesitas secara akurat berbasis mikrokontroler. Penggunaan sensor infrared dan sensor load cell sebagai media pengganti alat ukur untuk menghasilkan data ukur yang akan diolah oleh mikrokontroler dan menghasilkan hasil yang akurat. Hasil yang akurat tersebut akan langsung bisa dilihat dan didengar oleh pengguna alat secara langsung melalui LCD dan speaker yang berisi syarat proporsional untuk badan pengguna beserta saran yang mendukung untuk mencapai badan yang proporsional dan informasi suara menyangkut kondisi berat badan yaitu kurus, normal, gemuk dan obesitas. Jadi pengguna tidak kesulitan untuk menentukan badan proporsional, cukup dengan menggunakan alat ini pengguna sudah mengetahui hasil perhitungan IMT dan apabila badan pengguna belum proporsional maka alat tersebut akan memberi saran untuk memiliki badan proporsional.

Article Details

How to Cite
Sirrulah Putriani, Muh. Taufiqurrohman, & Joko Subur. (2023). IMPLEMENTASI METODE FUZZY LOGIC UNTUK MENENTUKAN PROPORSIONAL BADAN BERDASARKAN IMT (INDEKS MASSA TUBUH). SinarFe7, 2(1), 64–68. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/400
Section
Articles

References

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, "Pedoman Praktis Memantau Status Gizi Orang Dewasa," www.depkes.go.id. Diakses: 12 September 2018, jam 11.37.

Shanti, Deska, "Aplikasi Rancang Bangun Pengukura Tingkat Keidealan Tubuh Manusia Berbasis Mikrokontroler ATMega32," in 2013 Skripsi: Teknik Elektro Universitas Hang Tuah Surabaya.

Nugroho, R.E, "Rancang Bangun Alat Ukur Indeks Massa Tubuh Menggunakan Metode Fuzzy Logic Berbasis Mikrokontroler," in 2017 Skripsi: Teknik Elektro Universitas Hang Tuah Surabaya.

Medkes, "Kalkulator IMT untuk Mengukur Berat Badan Ideal," www.medkes.com. Diakses: 3 September 2018, jam 16.25.