Alat Ukur Kadar Gula Darah Non- Invasive Dalam Urin Menggunakan TCS3200 Metode Artificial Neural Network

Main Article Content

Lailul Ahada
Joko Subur, S.T., M.T
Muh. Taufiqurrohman, S.T., M.T.

Abstract

Diabetes mellitus (DM) adalah penyakit kronis yang disebabkan oleh ketidak mampuan organ pankreas untuk memproduksi hormon insulin dalam jumlah yang cukup, tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang telah dihasilkan oleh pankreas secara efektif, atau gabungan dari kedua hal tersebut. Diabetes melitus merupakan penyakit yang mengiringi proses penuaan atau penyakit keturunan. Saat ini, diagnosis DM umumnya sangat bergantung pada pemeriksaan glukosa darah dengan menusuk jari atau lengan pasien untuk menggambil sampel darah. Untuk menggunakan cara alternatif memantau kadar gula darah dengan menggunakan metode non-invasive (tanpa melukai tubuh) bisa menggunakan urin. Penelitian ini menggunakan urin untuk menentukan tingkat gula darah. Perancangan alat ini bekerja dengan mengukur tingkat warna urin yang dicampur dengan larutan benedict menggunakan sensor tcs3200 dan mikrokontroller sebagai unit kontrol menggunakan metode Artificial Neural Network mempermudah pendektesian penyakit tersebut tanpa memerlukan uji laboratorium. Pada rancang bangun alat kadar gula darah non- invasive berhasil mendeteksi adanya kadar gula darah, diperoleh tingkat keberhasilan 90%.

Article Details

How to Cite
Lailul Ahada, Joko Subur, S.T., M.T, & Muh. Taufiqurrohman, S.T., M.T. (2023). Alat Ukur Kadar Gula Darah Non- Invasive Dalam Urin Menggunakan TCS3200 Metode Artificial Neural Network. SinarFe7, 2(1), 69–73. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/401
Section
Articles

References

H.D. Park dkk, K.J. 2005. Design Of Portable Urine Glucose Monitoring System For Healthcare, Comput. Biol. Med. Vol 35 : Hal. 275-286.

Dedy, Arianda. 2017, Buku Saku Analis Kesehatan Revisi 6.

Abdul, Kadir. 2015, From Zero To A Pro Arduino (Panduan Mempelajari Aneka Proyek Berbasis Mikrokontroler), Yogyakarta: Andi Publisher.

Akbar T. 2015. Aplikasi Liquid Crystal Display (LCD) 16 x 2 Sebagai Tampilan Pada Coconut Milk Auto Machine [skripsi]. Palembang: Politeknik Negeri Sriwijaya.

A L Zeth Dkk. 2016, Sistem Diagnosa Penyakit Dalam Dengan Menggunakan Jaringan Saraf Tiruan Metode Backpropagation Dan Learning Vektor Quantization, Jurnal Matematika Universitas Pattimura Vol. 12. No. 2 : Hal. 89-98.

Arifah S, 2015. Buku Saku Analis Kesehatan revisi ketiga.Surabaya.

Fransisca, Kristina. 2012, Awas Pankreas Rusak Penyebab Diabetes. Jakarta : Cerdas Sehat.

Regina G. 2015. Definisi dan Tipe Diabetes. [terhubung berkala].http://diabetesmelitus.org/definisi- tipe-diabetes/. Diakses 16 Agustus 2018.