Rancang Bangun Pergerakan Robot Pemadam Api Berkaki Menggunakan Metode Proportioanal Integral Derivative (Pid)

Main Article Content

Cholid Kusyairi
Joko Subur
Muh. Taufiqurrohman

Abstract

Kontrol Proportional Integral Derivative (PID) adalah sistem pengendali yang umum digunakan di industri. Sekitar 90% dari peralatan industri menggunakan pengendali PID karena mudah digunakan dan paling sederhana. Navigasi robot pemadam api merupakan salah satu hal paling penting dalam perlombaan seperti Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) dimana robot ini diharuskan dapat mengikuti kontur dinding arena. Robot ini dipilih karena arena perlombaan dari Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) terdiri dari dinding-dinding yang membentuk lorong dan ruangan yang berbeda–beda. Penelitian ini merancang dan mengimplementasikan algoritma kendali pada robot pemadam api berkaki dengan menggunakan metode PID, dimana kontrol PID tersebut diproses dalam mikrokontroler, Pada perhitungan hasil PID akan dihasilkan sudut untuk masing-masing motor servo, agar robot dapat berjalan sesuai degan yang diharapkan sehingga robot dapat bernavigasi dengan mengambil keputusan bergerak cepat, pelan, belok kanan, belok kiri, berhenti, memadamkan api, dari data sensor jarak dan sensor api yang ada pada robot. Sehingga robot dapat melaksanakan tugasnya dengan optimal.

Article Details

How to Cite
Cholid Kusyairi, Joko Subur, & Muh. Taufiqurrohman. (2023). Rancang Bangun Pergerakan Robot Pemadam Api Berkaki Menggunakan Metode Proportioanal Integral Derivative (Pid). SinarFe7, 2(1), 79–83. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/403
Section
Articles

References

Darwison, Rian W. 2015. Kontrol Kecepatan Robot Hexapod Pemadam Api menggunakan Metoda Logika Fuzzy. Jurnal Nasional Teknik Elektro. Vol. 4: 227- 234.

DIKTI. 2013. Panduan Kontes Robot Pemadam Api Indonesia 2013. Jakarta: DIKTI

Hasri A. 2015. Algoritma Fuzzy Logic Dan Wallfollower Pada Sistem Navigasi Robot Hexapod Berbasis Mikrokontroller Avr. Jurnal KomTekInfo Fakultas Ilmu Komputer. Vol.2: 1-5.

Prasetya E. "Implementasi Inverse Kinematic Pada Pergerakan Mobile Robot Krpai Divisi Berkaki," in 2014 Skripsi: Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya.

Akbar, A. E,"Implementasi Sistem Navigasi Wall Following Menggunakan Kontroler PID dengan Metode Tuning pada Robot Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) Divisi Senior Beroda," Skripsi: Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya.

Hidayat, M.Yusuf. Kurniawan, W. dan Maulana, R., "Implementasi Algoritma Wall Following pada Manuver Robot KRPAI Quadruped Omni Direction Menggunakan Metode Fuzzy Sugeno," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer., Vol. 2, No. 11, November 2018, hlm. 4957-4965.

Wicaksono, G. "Kontrol PID pada Robot Barelang 3.1," in 2012 Skripsi: Teknik Elektro Fakultas Teknik Politeknik Negeri Batam.