Pengembangan Media Pembelajaran Elektronika dan Pemrograman Menggunakan Alat Pelarut PCB (Printed Circuit Board) Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Karawang

Main Article Content

Rahmat Hidayat
Reza Setiawan
Vera Pangni Fahriani
Enjang Ahmad Juanda
Rusman

Abstract

Karawang merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Barat yang memiliki industri dengan jumlah yang cukup banyak di Indonesia. Salah satu bidang industri di Karawang tersebut adalah industri elektronika. Kondisi ini memberikan peluang kepada lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terutama jurusan elektro untuk dapat bekerja serta mengembangkan wirausaha di bidang industri perakitan elektronika di Karawang.
Penelitian ini menggunakan metode rancang bangun. Secara urut metode tersebut adalah identifikasi kebutuhan yang diperlukan. Kemudian kebutuhan tersebut dianalisis untuk mendapatkan komponen secara spesifik. Selanjutnya dilakukan perancangan perangkat keras dan lunak, pembuatan serta pengujian.
Hasil unjuk kerja dari alat pelarut PCB ini bekerja berdasarkan perintah dari satu buah mikrokontroler ATmega 8 yang bertugas mengatur putaran motor servo dan menghitung timing proses kerja alat. Sebelum program dijalankan pengguna harus mengeset timer proses pelarutan pada menu yang dapat di set melalui LCD display. Setelah program dijalankan maka alat akan bekerja sesuai dengan program yang dibuat. Timer akan berjalan seketika tombol run ditekan. Pada saat waktu pelarutan telah mencapai nilai pengesetan maka mikrokontroler akan memerintahkan motor servo untuk berhenti berputar dan buzzer akan berbunyi sampai tombol reset ditekan atau tombol power dimatikan.

Article Details

How to Cite
Rahmat Hidayat, Reza Setiawan, Vera Pangni Fahriani, Enjang Ahmad Juanda, & Rusman. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Elektronika dan Pemrograman Menggunakan Alat Pelarut PCB (Printed Circuit Board) Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Karawang. SinarFe7, 2(1), 84–89. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/404
Section
Articles

References

Heri Andrianto.(2008). Pemrograman Mikrokontroller AT Mega 16 menggunakakan Code Vision AVR. Bandung: Informatika

M. Ary Heryanto dan Wisnu Adi P. (2008). Pemrograman Bahasa C untuk Mikrokontroler ATMega 8535. Yogyakarta: Andi.

Widodo Budiharto dan Gamayel Rizal. (2007). 12 Proyek Mikrokontroler untuk Pemula. Jakarta: Elek Media Komputindo.

Iwan Setiawan,ST.MT, (2006). Tutorial Mikrokontroler AVR, http://iwan@elektro.ft.undip.ac.id, 3 Juni 2019.

Rif Cool,(2009). Mengaktifkan Motor Servo Dengan Bascom, http://rif_cool@yahoo.com, 3 Juni 2019.