Monitoring Dan Penstabil Tegangan Pada Alternator Kendaraan Menggunakan Microcontroller

Main Article Content

Aldo Reftya Tegar Saputra
kunto aji wibisono
Haryanto

Abstract

Sistem pengisian pada kendaraan berfungsi sebagai penyedia kebutuhan listrik kendaraan dan pengisian akumulator. Pada sistem pengisian terdapat regulator tegangan yang berfungsi menstabilkan tegangan output dari alternator sebagai penyuplai tegangan utama. Ada dua jenis regulator tegangan yang digunakan pada kendaraan yaitu ic regulator dan modul cut out, yang memiliki karakteristik dan peforma yang berbeda. Ic regulator merupakan pengatur tegangan yang berupa rangkaian komponen elektronika.
Sedangkan modul cut out merupakan regulator tegangan yang bekerja dengan memanfaatkan kuat medan magnet untuk menggerakkan titik poin. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan performa dari modul cut out dan modul regulator dengan menggunakan microcontroller pada kendaraan Mazda 616 dengan mengukur tegangan output dari masing- masing regulator tegangan.
Pada penelitian ini dirancang modul penyetabil tegangan dengan menggunakan AVR Atmega 16 sebagai controllernya. Dan sensor output dari alternator yang kemudian memberikan feedback untuk mengatur tegangan pada rotor alternator agar output yang dihasilkan alternator stabil. Dari uji coba yang telah dilakukan kinerja dari microcontroller lebih baik daripada modul cut out.

Article Details

How to Cite
Aldo Reftya Tegar Saputra, kunto aji wibisono, & Haryanto. (2023). Monitoring Dan Penstabil Tegangan Pada Alternator Kendaraan Menggunakan Microcontroller. SinarFe7, 2(1), 90–95. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/405
Section
Articles

References

Zuhal. DasarTenagaListrik. Bandung: Penerbit ITB. 1977.

Latif, Melda, Refdinal Nazir, Hamdi Reza, "Analisa Proses Charging AkumulatorPada Prototype Turbin Angin Sumbu Horizontal Di Pantai Purus Padang", JNTE, 2013.

Wijayanti, Erma, GatutRubiono, HarisMujianto, "Studi Perbandingan Regulator Konvensiona ldua Relay Dan Regulator Elektronik berbasis Mikrokontroler Avr Atmega8, Jurnal Unej. 2015.

Ji-Hyun Kim and Jung-Pyo Hong “Efficiency Improvement of an Automotive Alternator by Heat Treatment”. (2015)

Wesley koech, Titus rotich, Fredrick Nyamwala, Samwel rotich “Parameter Estimation Of A Dc Motor-Gear-Alternator (MGA) System Via Step Response Methodology”. (2016)

Subodro, Rohmad, S.Pd, M.Pd, "Pengaruh UkuranPuli Dan Penambahan Jumlah Lilitan Spoel Pada Alternator Konvensional Terhadap Voltage Yang Dihasilkan", Jurnal AUTINDO Politeknik Indonusa Surakarta. 2015.

Budiman, wildan ,nasrunhariyanto, syahrial. "Perancangan dan Realisasi Sistem Pengisian Baterai 12 Volt 45 Ah pada Pembangkit Listrik Tenaga Pikohidro di UPI Bandung",Jurusan Teknik Elektro – Institut Teknologi Nasional(Itenas)Bandung. 2014.

Kamil Rifat, Irfan GUNEY, NevzatONAT “Experimental analysis of an alternator excited with photovoltaic cells for small power plants”. (2011)

M. Rabiul Alam, Rajib Baran Roy, S.M. Jahangir Alam , Dewan Juel Rahman "Single Phase Automatic Voltage Regulator".(2011)

Wesley Piyush Kapila, Gaurav Puri, Manish Gaur “Electric Car Charging System by Alternator”. (2017)