Alat Pencuci Tangan Otomatis Dengan Air, Sabun Cair Dan Handdryer Menggunakan Metode Skin Detection

Main Article Content

Ainur Risal
Miftachul Ulum
Achmad Ubaidillah

Abstract

Di berbagai tempat sering di jumpai wasafel atau tempat untuk mencuci tangan yang bekerja secara manual. Hal itu akan menjadi masalah jika ada pemakai yang mencuci tangannya dengan dengan sengaja atau tidak tidak sengaja lupa mematikan kran air. Sedangkan untuk mengeringkan tangan juga masih menggunakan handuk kecil dan juga tisu. Dari contoh yang sederhana itu maka di buat suatu alat yang berjudul “ alat pencuci tangan otomatis dengan air, sabun cair dan hand dryer berbasis webcam menggunakan metode skin detetction”. Untuk merealisasikannya maka di buatlah alat dengan judul tersebut yang di dukung dengan kemajuan teknologi salah satunya dengan menggunakan kamera web cam. Alat pencuci tangan otomatis ini menggunakan perangkat keras berupa Raspberry pi3 dan perangkat lunaknya menggunakan bahas pemrograman python. Salah satu kelebihan dari alat ini pengguna tidak perlu memutar kuas kran secara manual lagi untuk mengeluarkan airnya, tetapi hanya perlu mengkodekan jari pada web cam sesuai dengan kode tangan yang telah di buat, yaitu kode 1 untuk mengaktifkan Air, kode 2 untuk mngaktikfkan Sabun cair, dank kode tangan 3 untuk mengaktifkan hand dryer, masing masing kode tangan akan relay aktif selama 10 detik baik itu air, sabun cair, dan hand dryer. Ketika kode tangan 1 aktif maka solenoid valve akan mengalirkan air secara otomatis begitupun dengan kode tangan 2&3. Alat ini hanya bisa mendeteksi tangan manusia saja ketika da suatu benda yang menyerupai tangan dan warnanya tidak sama dengan tangan manusia maka raspberry tidak akan menjalankan program apapun.

Article Details

How to Cite
Ainur Risal, Miftachul Ulum, & Achmad Ubaidillah. (2023). Alat Pencuci Tangan Otomatis Dengan Air, Sabun Cair Dan Handdryer Menggunakan Metode Skin Detection. SinarFe7, 2(1), 102–107. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/407
Section
Articles

References

Gonzales, Rafael C, Woods, Richard E, “Digital Image Processing”, Prentice- Hall Inc., 2ndedition, 2002

Haryadi, Gatot. 2012, Pencuci Dan Pengering Tangan Otomatis Berbasis Mikrokontroler Atmega8535. Jurusan Sistem Komputer,Universitas Gunadarma.

Miftachul ulum, Rahmati, D.,”Aplikasi android bluetooth monitoring LED RGB pada penerangan pangguung” SENTIA 2015

Nurul Hidayat 2015Cara Cepat Untuk Mendeteksi Keberadaan Wajah Pada Citra Yang Mempunyai Background Kompleks Menggunakan Model Warna Ycbcr Dan Hsv.

Alif Muqtadir, Bambang Pramono 2016 Pengendali Fungsi Pointer Berbasis Hand Gesture Menggunakan Algoritma Convex Hull Jurususan Teknik Informatika Universitas Halu Oleo.

Nina Yuliana, Ken Ratri Retno 2015 Metode Convex Hull Dan Convexity Defects Untuk Pengenalan Isyarat Tangan Jurusan Teknik Informatika Institut Teknologi Harapan Bangsa