Perancangan Sistem Informasi Manajemen Taman Baca Masyarakat Berbasis QR-Code

Main Article Content

Fransiska Sisilia Mukti,
Setyorini

Abstract

Sebagai bagian dari lembaga pendidikan non formal, Taman Baca Masyarakat (TBM) hadir sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas sumber daya masyarakat. Beragam informasi yang diberikan oleh TBM, khususnya melalui literasi buku-buku yang disediakan, seringkali tidak diimbangi dengan adanya sistem manajemen yang baik. Sebagian besar TBM yang didirikan dengan fokus utama untuk menyediakan media informasi bagi masyarakat, namun tanpa memperhatikan keefisiensian dalam hal proses manajemen kinerjanya. Sebuah sistem informasi dibangun untuk menjawab kebutuhan TBM dalam mengelola buku-buku yang dimiliki. Sistem ini dibuat dengan memanfaatkan Quick Respon Code (QR Code) sebagai komponen utama dimana QR-Code yang berisi primary key sebagai sumber informasi buku dan scanner QR- Code sebagai alat pembaca data. Proses perancangan sistem informasi ini dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan analisis kebutuhan studi kasus yang kemudian dikembangkan dalam bentuk penggambaran sistem melalui diagram konteks, data flow diagram, dan relasi hubungan setiap datanya. Hasil penelitian menunjukkan rancangan sistem informasi yang dibangun dapat menjawab kebutuhan pihak pengelola TBM dalam memanajemen sistem administrasinya.

Article Details

How to Cite
Fransiska Sisilia Mukti, & Setyorini. (2019). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Taman Baca Masyarakat Berbasis QR-Code. SinarFe7, 2(1), 166–170. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/424
Section
Articles

References

A. D. Joanda, Y. Priyandari, and R. Zakaria, “Perancangan Sistem Informasi manajemen Layanan Jasa Teknologi dan Kerjasama di Lembaga DEF,” J. Inf. Syst., vol. 10, no. 2, 2001.

I. E. N, E. Nursanti, and F. Handoko, “Rancangan Sistem Informasi Manajemen Sekolah Berbasis Web Interaktif Terintegrasi Di Smk Negeri 1 Nabire,” J. Teknol. dan Manaj. Ind., vol. 1, no. 1, pp. 53–59, 2015.

S. A. Suwanto, “Analisis Literasi Informasi Pemakai Taman Bacaan Masyarakat,” J. Kaji. Inf. Dan Perpust., vol. 3, no. 1, pp. 89–100, 2015.

J. Achmad, “Sistem Informasi pada Taman Bacaan Masyarakat Nurul fatah Semarang,” STMIK AMIKOM Yogyakarta, 2012.

W. Ruswendhi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan di Taman Bacaan Masyarakat Nusantara Desa Seketi,” Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2017.

A. M. Akbar, “Pengelolaan Taman Baca Masyarakat (TBM) Desa Lubuk Cuik dan Desa Lalang Kabupaten Batu-Bara,” Universitas Sumatera Utara Medan, 2018.

I. P. Mulyani, “Peran Taman Bacaan Masyarakat Cerdas dalam Meningkatkan Minat Belajar Masyarakat di Desa Wringinagung Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan,” Semarang, 2016.

M. R. Fitriyan, “Sistem Informasi Pengelolaan Perpustakaan Berbasis QR-Code,” 2017.