Rancang Kendali Berbasis Android Pada Penyinaran Kebun Buah Naga

Main Article Content

Charis Fathul Hadi
Dewi Sartika

Abstract

Sektor Pertanian buah naga di kabupaten banyuwangi sangat berpotensi untuk terus di kembangkan. Tetapi pada konteks ini ada beberapa kendala terhadap siklus panen buah naga. Buah naga memliki masa panen 6 bulan dalam jangka 1 tahun sekali, sehingga masa pruduktivitasnya kurang maksimal. Didukung dengan perkembangan teknologi dengan teknik penyinaran yang tepat tenaman buah naga bisa panen diluar musim. Teknik penyinaran tanaman buah naga pada umumnya ada dua cara yaitu sistem 4-1 (satu lampu untuk menyinari 4 pohon) dan sistem 2-1 (satu lampu untuk dua pohon). Pada penggunaan teknik penyinaran tersebut dapat menjamin ketersedian buah naga di pasaran. Disisi lain kemampuan di luar musim panen dapat meningkatkan harga jual buah naga sehingga petani buah naga mendapatkan hasil panen yang melimpah. Pada dasarnya kebun buah naga memiliki lokasi jauh dari pemukiman rumah sehingga kurang afektif dalam mengoprasikan sistem penyinaran secara manual. Ditinjau dari permasalahan tersebut penelitian untuk merancang Sistem kendali berbasis android untuk memudahkan kerja petani buah naga secara efektif dalam mengoprasikan lampu penyinaran dari tempat tinggal ke kebun buah naga tanpa harus berinteraksi langsung dengan saklar listrik. Tahapan penelitian ini menggunkan 2 Tahap. Tahap 1 Surve kebutuhan, Tahap 2 Perencangan, Penelitian ini akan dilakukan di Laboratorium Teknik Elektro Universitas PGRI Banyuwangi. Perancangan rangkaian sistem control ini dilengkapi dengan (1) Modul Wifi ESP difungsikan sebagai port yang dihubungkan ke microtroller, dalam penelitian modul wifi ESP sebagai transreceiver dari smartphone android, (2) Relay digunakan untuk memutus dan menghubungkan supply ke lampu.

Article Details

How to Cite
Charis Fathul Hadi, & Dewi Sartika. (2019). Rancang Kendali Berbasis Android Pada Penyinaran Kebun Buah Naga. SinarFe7, 2(1), 171–174. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/425
Section
Articles

References

Alamsyah, Ardi, A., & Faisal, M. N. (2015). Perancangan dan Penerapan Sistem Kontrol Peralatan Elektronik Jarak Jauh Berbasis Web. Jurnal Mekanikal, 6(2), 577-584.

Immanuel Warangkiran, Sumenge T.G. Kaunang, Arie S.M. Lumenta, Arthur M. Rumagit, 2014, Perancangan Kendali Lampu Berbasis Android, e- journal Teknik Elektro dan Komputer, Volume 3 No. 1,Hal.1-8. http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/elekdankom/arti cle/view/3827/3345.

Giyartono, Andik, Priadhana Edi Kresnha. 2015. Aplikasi Android Pengendali Lampu Rumah Berbasisi Mikrokontroler Atmega328. Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta

Arief Susanto, Andrianto, 2015. “Aplikasi Pengontrol Jarak Jauh Pada Lampu Rumah Berbasis Android”. Prosiding. Studi Teknik Informatika. Universitas Muria Kudus.

S. Samsugi, dkk, 2017. “ Internet of things (IOT): sistem kendali jarak jauh berbasis arduino dan modul wifi esp8266”. Prosiding Seminar Nasional XII “Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi. Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Yogyakarta.