Pengendali Kecepatan Motor Dc Dengan Penyearah Terkendali Semi Konverter

Main Article Content

M. Fahrizal Untoro
Mochammad Alfyans .R
Didit Lestyo
Belly Yan Dewantara
Iradiratu D. P. K

Abstract

Simulasi merupakan langkah penting dalam perencanaan. Simulink pada Matlab dapat digunakan untuk membuat simulasi sistem dengan berbagai bidang. Makalah ini membahas pengendalian kecepatan motor DC dengan menggabungkan elektronika daya sebagai pencatu, sistem elektris pada motor DC, dan sistem mekanis pada beban motor DC. Kecepatan motor DC dapat diatur menggunakan berdasarkan besar tegangan jangkarnya, yang dalam hal ini dapat dilakukan dengan penyearah terkendali. Kecepatan motor dikontrol menggunakan metode Proporsional-Integral. Hasil kontrol adalah arus referensi (Iref).Arus referensi tersebut akan dibandingkan dengan arus jangkar untuk mengatur pencatuan thyristor. Pengaturan loop tertutup ini akan menghasilkan kecepatan yang dapat dipertahankan untuk beban dinamis.

Article Details

How to Cite
M. Fahrizal Untoro, Mochammad Alfyans .R, Didit Lestyo, Belly Yan Dewantara, & Iradiratu D. P. K. (2019). Pengendali Kecepatan Motor Dc Dengan Penyearah Terkendali Semi Konverter. SinarFe7, 2(1), 175–178. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/427
Section
Articles

References

Schuler, A Charles, McNamee, L William, “Industrial Electronics and Robotics”, McGraw Hill Book Company, singapore, 1986.

Sen, PC, “Principles of Electric Machines and Power Electronics”, John Wiley & Sons, Canada, 1989

Liangzhong Jiang(2009). Sign of the Closed Loop Speed Control System for DC Motor. Internasional Journal of Computer and Informati Science,Vol.3,No.1, Februari 2009.

Wildi, Theodore.“Electrical Machines, Drives, and Power Systems Fifth Edition”, Pearson Education Inc,2002.

Bharat Bhushan, Madhusudan Singh. “Adaptive control of DC motor using bacterial foraging algorithm." Applied Soft Computing, Vol. 11, hlm. 4913-4920, 2011.

Swain, T.K. 2014. Analaog Febrication Of PID Controller. Thesis. Departement Of Electrical Engineering, Nasional Institute Of Technology, Rourkela.