Perancangan Simulasi Alat Sensor Parkir Mobil Area Berbasis Mikrokontroler AT328

Main Article Content

Irwanto
Sulaeman Deni Ramdani

Abstract

Beberapa pengemudi mobil sering kali mengalami kesulitan untuk memarkir mobil di lokasi sempit, karena lahan parkir yang semakin berkurang dan sempit serta tidak sedikit mobil yang menabrak tembok atau menggores tembok ketika mundur. Penyebabnya adalah pengemudi tidak mengetahui kondisi di belakang kendaraan karena keterbatasan pandangan atau penglihatan yang secara jelas. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem alat yang dapat mempermudah pengemudi memarkir mobil, yaitu dengan menggunakan sensor parkir ultrasonik. Metode yang dipakai dalam perancangan sensor parkir ini adalah mikrokontroler AT328 berfungsi sebagai pengendali utama pada pemrosesan data jarak parkir yang dihasilkan dari sensor ultrasonik. Buzzer dapat digunakan sebagai indikator suara pada sensor parkir mobil. Hasil yang didapat dari pembuatan alat ini adalah sebagai penanda atau pemberitahu jarak aman pada saat parkir di rumah atau ditempat-tempat parkir. Dari analisis yang dilakukan, dihasilkan bahwa sensor ultrasonik efektif dalam pengukuran pada jarak 5 cm – 50 m. Disimpulkan bahwa, sensor ultrasonik cukup efektif untuk diimplementasikan pada sensor parkir.

Article Details

How to Cite
Irwanto, & Sulaeman Deni Ramdani. (2019). Perancangan Simulasi Alat Sensor Parkir Mobil Area Berbasis Mikrokontroler AT328. SinarFe7, 2(1), 179–184. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/428
Section
Articles

References

Widodo, B. (2004). Elektronika digital dan Micprosesor. Andi Offset: Yogyakarta.

Widodo, B. (2005). Teknik interfacing komputer dan mikrokontroler. Elex Media: Komputindo, Jakarta.

Prihono. 2009. Jago Elektronika Secara Otodidak.

Jakarta: Kawan Pustaka.

Putra, A. E. 2005. Belajar Mikrokontroler AT89C51/52/53 (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Gava Media.

Putra, A. E. 2010. Tip dan Trik Mikrokontroler AVR.

Gaya Media, Yogyakarta

Paulus, A. N. (2003). Panduan praktis teknik antarmuka dan pemrograman mikrokontroler 98C51. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Dani, C & Kris, P. (2004). Panduan praktikum dasar mikrokontroler keluarga MCS-51. Innovative Electronics. Jakarta