Rancang Bangun Matras Pintar Dengan Android Sebagai Remote Control

Main Article Content

Jaka Tryangga K
Diana RahmawatiT,
Riza Alfita

Abstract

Banyak orang mengeluhkan segalanya sulit untuk dilakukan karena segalanya tidak dapat dilakukan secara otomatis, dengan kata lain segala sesuatunya masih bersifat manual. Terutama matras atau tempat tidur manusia. Manusia telah banyak menciptakan banyak inovasi terbaru dengan berbagai keperluan untuk kenyamanan saat kita menggunakan matras. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan matras dengan inovasi terbaru dan dapat juga meringankan pekerjaan salah satu keluarga yang sedang merawat orang tuanya (di usia senja). Dengan memanfaatkan ponsel sebagai remote atau pengendali, matras akan bergerak sesuai dengan perintah program yang tertanam di dalamnya. Alat ini menggunakan voice recoginition sebagai opsi jika pengendali lebih memilih otomatis. Ketika pengendali menekan tombol “pinggul naik”, maka smartphone akan memberikan perintah kepada arduino dengan perantara bluetooth. Arduino menerima perintah untuk menjalankan salah satu programnya dan arduino mengirimkan perintah kepada


driver motor L298n untuk menggerakkan motor yang menggerakkan salah satu bagian matras untuk bergerak naik. Sama halnya dengan menekan tombol, metode voice recognition memiliki program yang serupa. Dengan menekan tombol voice recognition maka pengendali memberikan perintah “pinggul naik”, maka dengan segera motor akan bergerak sesuai perintah pengendali dengan menaikkan salah satu bagian matras. Dan untuk memberhentikan pergerakan motor melalui voice recognition, pengendali memberikan perintah kembali dengan menekan tombol voice recognition dengan mengucapkan “berhenti”. Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan diperoleh matras akan menerima perintah dan bergerak sesuai program jika smartphone berada pada posisi dekat dengan bluetooth driver atau HC-05 dengan jarak terjauh 10 meter dan tidak terhalangi oleh penghalang ataupun tembok.

Article Details

How to Cite
Jaka Tryangga K, Diana RahmawatiT, & Riza Alfita. (2019). Rancang Bangun Matras Pintar Dengan Android Sebagai Remote Control. SinarFe7, 2(1), 185–189. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/429
Section
Articles

References

Eka, F. (2017). Kontrol Dan Monitoring Smarthome Dengan Modul ESP8266 Serta Server Thingspeak. Balik Papan: Politeknik Negeri Balikpapan.

Hapsari, N. T. (2012). Perancangan Sistem Kendali Jarak Jauh Peralatan Listrik Rumah Tangga Dengan Kontrol Wireless Pada Orange House Menggunakan Mobile Application Berbasis Android. Surabaya: Universitas Telkom.

Lesmana, W. I. (2015). Penerapan Wireless Sensor Network (WSN) Dengan Topologi Tree pada pemantuan tanah longsor. Surabaya: STIKOM Surabaya.

Rozie, F. (2017). Rancang Bangun Alat Monitoring Jumlah Denyut Nadi/Jantung Berbasis Android. Tanjungpura: Universitas Tanjungpura.