Analisa Robot Pemadam Api Pada Pembacaan Sensor HC- SR04 Berbasis Arduino-Matlab

Main Article Content

Khoirul Umam,
Jamaaluddin Jamaaluddin

Abstract

Salah satu cabang dari KRI paling banyak peserta yang mengikutinya adalah Kontes Robot Pemadam Api Berkaki (KRPAI) strategi untuk keberhasilan dalam proses pencarian titik api dalam ruangan adalah pembacaan sensor ultrasound HC-SR04. Pembacaan dari sensor ultrasound dilakukan analisa untuk memperkecil kesalahan pembacaan sensor agar memaksimalkan pergerakan robot dalam pendeteksian jarak dengan dinding. Pernah dibuat rekayasa model antarmuka ultrasound HC-SR04 menggunaakan Arduino- Matlab namun arduino tidak terhubung secara langsung dengan Matlab sehingga data yang di tampilkan tidak realtime. Data hasil pembacaan sensor diolah dengan beberpa persamaan antara lain presentase kesalahan, ketetapan pengukuran, ketetapan relatif rata-rata, dan standart deviasi. Keakuratan pembacaan sensor ketika sensor membaca objek keras dan berktekstur padat berbeda dengan ketika membaca objek bertekstur lunak seperti spons dan semacamnya. Dengan dilakukan analisa pembacaan sensor ultrasound secara realtime diperoleh hasil maksimal dalam pembacaan jarak dinding dengan robot, agar pergerakan robot dapat berjalan secara optimal. Pengkombinasian Matlab dalam analisa perhitungan sehingga diperoleh error persen yang kecil dalam proses penganalisaannya selain itu mempermudah dalam perhitungan persamaan yang digunakan dalam proses penganalisaan. 

Article Details

How to Cite
Khoirul Umam, & Jamaaluddin Jamaaluddin. (2019). Analisa Robot Pemadam Api Pada Pembacaan Sensor HC- SR04 Berbasis Arduino-Matlab. SinarFe7, 2(1), 200–205. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/432
Section
Articles

References

D. Kontes, R. Abu, and R. Indonesia, “PANDUAN UMUM KONTES ROBOT INDONESIA ( KRI ) TAHUN 2019,” 2019.

C. S. P. Rao, “Performance comparison of Infrared and Ultrasonic sensors for obstacles of different materials in

E. Nurraharjo and Z. Budiarso, “REKAYASA MODEL ANTARMUKA MATLAB-ARDUINO ULTRASONIC,” pp. 207–211, 2017.

I. O. P. C. Series and M. Science, “Design and Implementation of Hardware ’ s Firefighting Legged Robot Design and Implementat ion of Hardware ’ s Firefighting Legged Robot,” 2018.

A. Due and P. Components, “Arduino due,” pp. 3–5.

E. Parameter, “Ultrasonic Ranging Module HC - SR04,” pp. 3–5.

H. Rustamaji, Pengantar Komputasi Teknik Kimia Dengan Matlab dan Simulink. Bandar Lampung.

N. Yanti, Yulkifli, and Z. Kamus, “SISTEM AKUISISI DATA SENSOR ECVT ( ELECTRICAL CAPACITANCE VOLUME TOMOGRAPHY ) MENGGUNAKAN ARDUINO MEGA 2560 BERBASIS MATLAB Skripsi Oleh Arrosyiqu Bik FAKULTAS TEKNIK,” 2016.

R. M. Fauzi, “RANCANG BANGUN KONTROL PENGISIAN BATERAI PHOTOVOLTAIC DENGAN INTEGRATED POWER SYSTEM,” 2018.