Pengoptimalan Penggunaan Sensor Uvitron Pada Robot Berkaki Dalam Mendeteksi Keberadan Titik Api Dengan Sebuah Lilin

Main Article Content

Hussein Bahreisy Suryadipraja
Jamaaluddin Jamaaluddin

Abstract

Robot Hexapod (Berkaki) adalah robot yang bergerak menggunakan 6 buah kaki dengan 18 motor servo yang memiliki fungsi untuk pergerakan robot, robot Hexapod ini memiliki peran dalam memadamkan titik api pada ruangan, robot ini akan memadamkan sebuah titik api apabila terdapat Sensor Uvitron, sensor ini memiliki metode hanya untuk mencari keberadaan titik api pada ruangan, ketika titik api dinyalakan menggunakan media lilin. Robot Hexapod ini akan dinyalakan menggunakan sensor Sound Activation dan robot akan bergerak mencari keberadaan titik api di setiap ruangan sampai robot menemukan keberadaan titik api, ketika api telah ditemukan maka robot berkaki akan memadamkan api dengan menggunakan air yang telah disimpan oleh robot. Di dalam system keseluruhan robot, diatur oleh sebuah Mikrokontroler Arduino ATMega2560 yang di program untuk memproses Sensor Uvitron, Motor Servo. Didalam penelitian ini adalah lebih mengoptimalkan Sensor Uvitron yang diharapkan sensor yang terpasang oleh robot dapat bekerja secara optimal dalam mencari dan memadamkan titik api pada ruangan.


 

Article Details

How to Cite
Hussein Bahreisy Suryadipraja, & Jamaaluddin Jamaaluddin. (2019). Pengoptimalan Penggunaan Sensor Uvitron Pada Robot Berkaki Dalam Mendeteksi Keberadan Titik Api Dengan Sebuah Lilin. SinarFe7, 2(1), 206–210. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/433
Section
Articles

References

A. Supriyadi, J. Jamaaluddin, T. Elektro, and U. Muhammadiyah, “ANALISA EFISIENSI PENJEJAK SINAR MATAHARI DENGAN MENGGUNAKAN,”JEEE-U, 2018.

Jamaaluddin, I. Robandi, and I. Anshory, “A very short-term load forecasting in time of peak loads using interval type-2 fuzzy inference system: A case study on java bali electrical system,” J. Eng. Sci. Technol., vol. 14, no. 1, pp. 464–478, 2019.

S. Fatimah, J. T. Informatika, P. Negeri, and T. Laut, “Robot pendeteksi api,” vol. 1, 2015.

Q. Hidayati, L. Saputra, and P. N. Balikpapan, “PURWARUPA ROBOT HEXAPOD PEMADAM API DENGAN FLAME SENSOR THE PROTOTYPE OF HEXAPOD ROBOT FIRE-EXTINGUISHING WITH FLAME Robot merupakan salah satu alat bantu yang dalam kondisi tertentu sangat mungkin ditangani oleh manusia seperti menggunakan 6 buah kaki . ,” 2017.

G. Ramdoni, P. Studi, T. Elektro, and U. B. Luhur,

“MEKANISME PENDETEKSIAN API PADA ROBOT,” vol. 2, no. 1, pp. 198–203.

R. R. Suryadi, I. Wijayanto, and A. Rusdinar, “Perancangan Dan Implementasi Sistem Pendeteksi Api Pada Robot Pemadam Api Dengan Menggunakan Sensor Api Dan Design and Implementation System Fire Detection on Fire,” vol. 4, no. 3, pp. 3611–3624, 2017.

A. P. I. B. Uroita- et al., “PENGEMBANGAN ROBOT PEMADAM teknik , Universitas Muhammadiyah Prof

. Dr . HAMKA sebagai pengembangan ketepatan dalam jarak tempuh robot . Hal ini disebabkan antara lain karena tidak algoritma pemrograman dari beberapa sensor – sensor yang digunakan pada ro,” vol. 3, no. 1, pp. 83–94.