Optimasi Robot Berkaki Menggunakan Sensor Infrmerah SHARP GP2Y0A02YK0F Pada Benda

Main Article Content

Mochammad Anwar Burhanuddin
Jamaaluddin

Abstract

Salah satu lomba Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (RISETDIKTI) yang di laksanakan pada tahunnya yaitu cabang dari KRI memiliki banyak peseta untuk mengikuti lomba tersebut yaitu Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) bertujuan untuk berhasil dalam memadam api pada lintasan perlombaan ada halang rintang yang harus di hindari atau di lewati oleh robot. Sensor Jarak Inframerah Sharp GP2Y0A02YK0F merupakan salah satu sensor untuk mengtahui jarak dan benda di sekitarnya jika robot menabrak maka akan terjadi pengurangan nilai hingga di diskualifikasi saat perlombaan tersebut. Arduino Uno AtMega328 yang memiliki 32 pin dengan kecepatan 8-bit merupakan mikrokontrollernya atau pengendalinya. Sensor Jarak Inframerah Sharp GP2Y0A02YK0F ini di uji coba memalui empat benda yaitu pipa PVC, papan kayu,spons datar dan boneka. Dari empat percobaan tersebut agar robot tidak menabrak dinding, pipa dan boneka saat robot berjalan menuju mematikan api jadi dapat mengetahui mengopersaikan optimasi robot berkaki dengan sensor jarak inframerah sharp GP2Y0A02YK0F.

Article Details

How to Cite
Mochammad Anwar Burhanuddin, & Jamaaluddin. (2019). Optimasi Robot Berkaki Menggunakan Sensor Infrmerah SHARP GP2Y0A02YK0F Pada Benda. SinarFe7, 2(1), 211–214. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/434
Section
Articles

References

.M. D. Putro, “Jurnal Rekayasa Elektrika,” vol. 13, no. 36, 2017.

.R. Darwis et al., “Perancangan Robot Pemadam Api Hexapod,” vol. 5, no. 1, pp. 1–4, 2019.

.P. Studi et al., “Aplikasi Sensor Ultrasonik Untuk Deteksi Posisi Jarak Pada Ruang Menggunakan Arduino Uno

Aplikasi Sensor Ultrasonik Untuk Deteksi Posisi Jarak Pada Ruang Menggunakan Arduino Uno Bakhtiyar Arasada Bambang Suprianto,” pp. 1–8.

.D. Measuring and S. Unit, “GP2Y0A02YK0F,” pp. 1– 9, 2006.