Pengaturan pH Media Tanam Dan Suhu Tanaman Tomat Pada Sistem Hidroponik Drip Menggunakan Fuzzy Mamdani

Main Article Content

Budi Prasetya
Aries Boedi Setiawan
Basitha Febrinda Hidayatulail

Abstract

Tanaman Tomat merupakan salah satu komoditas pertanian yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Kebanyakan petani menanam tomat dengan cara konvensional disawah, ladang atau dikebun tanpa adanya kontrol dan pengukuran hanya mengandalkan pengalaman dan faktor kebiasaan saja, sehingga kebutuhan pH dan suhu ruang tanam dari tanaman tomat tidak dapat diberikan sesuai kebutuhannya,adapun kebutuhan pH dari tanaman tomat berkisar antara 4,5 sampai dengan 6,5 dan suhu ruang tanam 23°C sampai dengan 32°C, dengan metode tanam menggunakan hidroponik drip yang dikontrol dengan penerapan fuzzy mamdani memudahkan dalam melakukan pengaturan pH media tanam menggunakan sensor pH tanah sebagai input dan suhu ruang tanam menggunakan sensor suhu LM35, yang diproses oleh mikrokontroller berbasis arduino, untuk mendapatkan pH dan suhu ruang tanam yang sesuai dengan kebutuhan tanaman tomat, sebagai output sistem maka digunakan fan dan selenoid valve. Dengan melakukan kontrol terhadap nutrisi sesuai dengan kebutuhan tanaman tomat maka buah tomat yang dihasilkan akan memiliki rasa yang lebih manis dan jumlah buah yang lebih banyak dibandingkan dengan tanaman tomat yang ditanam tanpa alat ini.

Article Details

How to Cite
Budi Prasetya, Aries Boedi Setiawan, & Basitha Febrinda Hidayatulail. (2019). Pengaturan pH Media Tanam Dan Suhu Tanaman Tomat Pada Sistem Hidroponik Drip Menggunakan Fuzzy Mamdani. SinarFe7, 2(1), 220–224. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/436
Section
Articles

References

. Abbas, Hammada, Rafiuddin Syam, and Budi Jaelan. "Rancang Bangun Smart Greenhouse Sebagai Tempat Budidaya Tanaman Menggunakan Solar Cell Sebagai Sumber Listrik." (2015).

. Hastopo, K., L. Soesanto, and E. Mugiastuti. "Penyehatan tanah secara hayati di tanah tanaman tomat terkontaminasi Fusarium oxysporum f. sp. lycopersici." Jurnal Akta Agrosia 11.2 (2008): 180-187.

. Akbar, Faizal Beni, Muhammad Aziz Muslim, and Purwanto Purwanto. "Pengontrolan Nutrisi pada Sistem Tomat Hidroponik Menggunakan Kontroler PID." Jurnal EECCIS 10.1 (2016): 20-25.

. Wijaya, M. A., Boedi, A., & Saputra, J. (2018). Implementasi Fuzzy Logic Terhadap Pengukuran Kecepatan dan Penentuan Arah Angin. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC, 5(2).

. Sonalitha, E., Nurdewanto, B., Ratih, S., Sari, N. R., Setiawan, A. B., & Tutuko, P. (2018, October). Comparative Analysis of Tsukamoto and Mamdani Fuzzy Inference System on Market Matching to Determine the Number of Exports for MSMEs. In 2018 Electrical Power, Electronics, Communications, Controls and Informatics Seminar (EECCIS) (pp. 440-445). IEEE