Media Interaktif Pengenalan Alat Dan Bahaya Listrik Berbasis Video Game Edukatif Untuk Anak Sd

Main Article Content

Aida Nilawati Khuzar
Eliyani
Rini Puji Astutik

Abstract

Kejadian luka bakar akibat sengatan listrik terhitung sekitar 2-3% dari semua luka bakar pada anak-anak yang memerlukan perawatan gawat darurat. Selain itu di Indonesia sekitar 12 anak-anak meninggal dunia akibat listrik setiap tahunnya. Menurut National Fire Protection Association sekitar 2.400 anak-anak menderita trauma berat dan luka bakar akibat tersengat listrik karena mereka memasukkan tangan ke lubang colokan sumber listrik. Kurangnya pengetahuan anak mengenai alat dan bahaya listrik, serta terbatasnya media penunjang yang digunakan


untuk sekolah dalam menyampaikan pengetahuan ke anak- anak, maka akan diajukan penelitian berjudul “Media Interaktif Pengenalan Alat dan Bahaya Listrik Berbasis Video Game Edukatif untuk Anak SD”. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan analisis deskriptif yang dilakuakan dengan validasi ahli materi, media dan minat siswa. Hasil analisis video motion graphics interaktif pengenalan alat dan bahaya listrik dari penilaian ahli materi skor yang diperoleh termasuk kategori layak yang berada pada rentang rata-rata antara 3,5 sampai 3,75, menurut ahli media berada pada rentang rata-rata diatas 3,75 termasuk dalam kategori sangat layak, sedangkan menurut minat siswa media pembelajaran video game edukatif ini termasuk dalam kategori sangat baik berada dalam rentang rata-rata diatas 3,75 selain itu dari kuisoner penilaian tingkat kepahaman siswa diperoleh prosentase 52% siswa paham setelah diberikan media pembelajaran terhadap materi dan media interaktif pengenalan alat dan bahaya listrik berbasis video game edukatif.

Article Details

How to Cite
Aida Nilawati Khuzar, Eliyani, & Rini Puji Astutik. (2019). Media Interaktif Pengenalan Alat Dan Bahaya Listrik Berbasis Video Game Edukatif Untuk Anak Sd. SinarFe7, 2(1), 237–242. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/439
Section
Articles

References

. Berapa konsumsi Listrik Perkapita Indonesia Sumber:https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2 017/11/16/berapa-konsumsi-listrik-perkapita- indonesia (diakses pada 10 Juli 2018)

. Dian Octaviani, Anggraeni Janar Wulan| (2016). Efek Paparan Arus Listrik terhadap Peningkatan Biomarker dan Kelainan Irama.Lampung: Universitas Lampung

. dari-bahaya-peralatan-listrik/ (Diakses pada tanggal 09 Agustus 2018)

. Tips agar anak aman dari bahaya listrik di rumah Sumber: https://surabaya.proxsisgroup.com/tips-agar- anak-aman-dari-bahaya-listrik-di-rumah/ (Diakses pada tanggal 11 Agustus 2018)

. Kerja Praktek Bamboo Media dalam Pembuatan Game Edukasi Pengenalan Alat Listrik. Sumber:https://www.academia.edu/24675785/Kerja_ Praktek_Bamboo_Media_dalam_Pembuatan_Game_ Edukasi_Pengenalan_Alat_Listrik (Diakses pada tanggal 05 Agustus 2018)

. Amin, Titin Khoirul.2015.Pengembangan Media Video Interaktif pada Pembelajaran Tematik Tema Lingkungan Kelas III Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Dau.Malang:Universitas Muhammadiyah Malang.