Perancangan Alat Monitoring Detak Jantung Sebagai Indikator Kesehatan Dengan Pulse Sensor Berbasis STM32

Main Article Content

Gunawan Arisandi

Abstract

Jantung merupakan organ paling penting dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk mengontrol peredaran darah ke seluruh tubuh. Seseorang tidak dapat mengatur jumlah detak jantung karena jantung bekerja secara refleks. Oleh karna itu, untuk dapat mengetahui kondisi jantung maka  diperlukan alat yang dapat menghitung detak jantung. Pada penelitian ini, proses perancangan alat monitoring detak jantung sebagai indikator kesehatan berbasis stm32 dibagi menjadi lima bagian utama, yaitu blok power supply, blok inputan, blok proses dan blok outputan. Blok power supply terdiri dari baterai dengan tegangan 9 VDC. Tegangan 9 VDC ini sebagai tegangan awal pada power supply yang akan disalurkan ke seluruh bagian blok rangkaia inputan, rangkaian pada blok proses maupun rangkaian pada blok outputan. Pada bagian blok inputan terdapat pulse sensor. Dimana pulse sensor ini berfungsi sebagai sensor utama untuk mendeteksi detak jantung yang kemudian mengirimkan pulse pada blok modul STM32. Pada bagian blok outputan terdapat layar LCD dan indikator LED. Layar LCD berfungsi sebagai penampil berupa karakter tulisan atau menampilkan data sinyal, sedangkan LED akan berkedip untuk menunjukan adanya detak jantung. Pulse sensor berfungsi sebagai motoda optis untuk mendeteksi secara non-invasfe. Sinyal yang dihasilkan oleh sensor menghasilkan gelombang photopethismogram yang digunakan untuk mendeteksi detak jantung. Saat jantung memompa darah dan menghasilkan gelombang kejut, kemudian akan terbaca oleh photodiode yang berfungsi sebagai penangkap gelombang cahaya yang dipancarkan oleh infra red.

Article Details

How to Cite
Gunawan Arisandi. (2021). Perancangan Alat Monitoring Detak Jantung Sebagai Indikator Kesehatan Dengan Pulse Sensor Berbasis STM32. SinarFe7, 4(1), 160–164. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/44
Section
Articles

References

I. M. Ambary and W. K. Raharja, “Purwarupa Alat Pendeteksi Detak Jantung Berbasis Atmega328,” J. Ilm. Teknol. dan Rekayasa, vol. 23, no. 1, pp. 38–47, 2018, doi: 10.35760/tr.2018.v23i1.2449.

F. Rozie, F. Hadary, and F. T. P. W, “Jumlah Denyut Nadi / Jantung Berbasis Android,” J. Tek. Elektro Univ. Tanjungpura, vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2016.

G. W. Wohingati, A. Subari, F. Teknik, and U. Diponegoro, “Arduino Uno R3 Yang Diintegrasikan Dengan Bluetooth,” vol. 17, no. 2, pp. 65–71, 2013.

W. Kusuma and S. Frandika, “Alat pengukur jumlah detak jantung berdasar aliran darah ujung jari,” J. Semin. Ilm. Nas. Komput. dan Sist. Intelijen, vol. 8, no. Kommit, pp. 425–431, 2014.