Smart Attandance System Menggunakan Smart Card Berbasis Internet Of Things (IoT)

Main Article Content

Michael Markus
Endi Permata
Desmira

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui proses pembuatan sistem absensi otomatis yang menggunakan smart card. 2) Penggunaan secara langsung hasil inovasi di dalam kegiatan belajar mengajar di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, khususnya Jurusan Pendidikan Vokasional Teknik Elektro.


Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, develop, Implement, Evaluate) yang dikemukakan oleh Pribadi dan direduksi sesuai kebutuhan


peneliti . Langkah – langkah pada penelitian ini ada 5 (lima) tahapan, yaitu Analyze (menganalisi), Design (desain/perancangan), Development (pengembangkan), Implement (melaksanakan/eksekusi), dan Evaluate (mengevaluasi/umpan balik).


Dalam penelitian ini dikembangkan prototype sistem absensi otomatis berbasis IoT yang dimana memudahkan proses absensi pada kegiatan belajar mengajar di Pendidikan Teknik Elektro. Penelitian ini dikembangkan berdasarkan observasi lapangan yang dimana marak terjadi manipulasi tanda tangan kehadiran/absensi. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu mengurangi manipulasi tersebut sehingga data absensi mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro semakin obyektif dan laporan absensi dapat diakses melalui web dengan bantuan IoT untuk transfer data dari RFID menuju Halaman Web. Selain itu peneliti mengharapkan dari prototype ini dapat meningkatkan kompetensi peserta didik dalam bidang mikrokontroller.


Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkan data kelayakan prototype sistem presensi otomatis dengan perolehan rata-rata skor 91,3 menurut ahli alat, 87,3 menurut pengguna dosen, dan 87,7 menurut pengguna mahasiswa. Dari ketiga hasil uji kelayakan semua skor masuk kategori “Sangat Layak”.

Article Details

How to Cite
Michael Markus, Endi Permata, & Desmira. (2019). Smart Attandance System Menggunakan Smart Card Berbasis Internet Of Things (IoT). SinarFe7, 2(1), 248–255. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/442
Section
Articles

References

. Ahyar Jadid, Z. A. (2017). Rancang Bangun Sistem Absensi Pekuliahan Auto ID Berbasis RFID yang Terintegrasi dengan Database Berbasis WEB. KIKTERO, 59-69.

. Arikunto, S. (2006). Prosedure Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

. Arjun Agalave, A. G. (2017). RFID Based Attandance System. MJRET, 1206-1213.

. Branch, R. M. (2009). Instructional Design Addie Approach. London: Springer.

. Jawaaz Ahmad, Z. G. (2016). Smart Class Room Attendance System Based on Proprietary Automatic Student Sensing Classroom Chairs. IJEER, 102-108.

. Kadir, A. (2018). Arduino & Sensor. Yogyakarta: Penerbit Andi.

. Kadir, A. (2018). Dasar Pemograman Internet untuk Proyek Berbasis Arduino. Yogyakarta: Penerbit Andi.

. M. Ehikhamenle, R. O. (2017). Design and Construction of an RFID Based e-Attendance. IJERGS, 161-172.

. Mahesh Sutar, M. P. (2016). Smart Attendance System Using RFID in IoT. IJARCET, 1155-1159.

. Mardapi, D. (2017). Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan (Edisi 2). Yogyakarta: Parama Publishing.

. Muhamad Alfarizi, R. P. (2018). Implementasi Smart Identification Menggunakan Perangkat Smartphone dengan Raspberry PI (Studi Kasus : SMAN 2 Balikpapan). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2899-2906.

. Muhammad Eka Suryana, U. K. (2016). Digitalisasi Proses Absensi Berbasis Sistem Informasi di Lingkungan Universitas Negeri Jakarta : Tinjauan dari Sisi Arsitektur dan Implementasi. KNPMP I (pp. 863-872). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

. Periyadi, M. S. (2015). Implementasi Smart Identification Menggunakan Perangkat Mobile dengan Access Point. e-Proceeding of Applied Science (pp. 1011-1014). Bandung: Universitas Telkom.

. Pooja Sapkal, K. J. (2017). IoT Based Smart Attendance System. IRJET, 1917-1920.

. Rismawati, N. (2016). Sistem Absensi Dosen Menggunakan Near Field Communication (NFC) Technology. Faktor Exacta, 135-142.

. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. ALFABETA.

. Sugiyono, D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan.

Bandung: Penerbit Alfabeta.