Rancang Bangun Alat Pendeteksi Kualitas Madu Asli Dan Campuran Dengan Menggunakan Metode Fuzzy

Main Article Content

Hujjatur Rofiq
Miftachul Ulum
Riza Alfita

Abstract

Madu merupakan cairan kental menyerupaisirup yang memiliki rasa manis. Rasa manis dalam maduterbentuk secara alami oleh lebah dan serangga yang berasaldari nektar/sari bunga. Di lapangan banyak terjadi kasus pemalsuan madu yang mengakibatkan hilangnya sifat manis alami dari madu tersebut. Sejak lama madu campuran telah banyak di produksi orang. Dengan cara mencampur glukosa dengan gula pasir, buah, serta zat warna. Madu campuran mempunyai warna yang sama dengan madu asli. Karena itu bagi orang awam akan sulit untuk membedakan antara madu asli dan madu campuran. Untuk mengetahui madu asli atau madu campuran masyarakat melakukan pengujian secara manual yang dirasa kurang efisien. Sehingga penulis membuat sebuah Rancang Bangun Alat Pendeteksi Kualitas Madu Asli dan Campuran yang dilengkapi 2 sensor yaitu, sensor warna TCS3200 untuk mendeteksi warna madu dan sensor gas TGS 2602 untuk mendeteksi bau atau aroma pada madu. Hasil pembacaan 2 sensor akan diproses fuzzy untuk menentukan kualitas madu. Semua sensor akan terintegrasi terhadap mikrokontroler sebagai pengontrol sistem agar sesuai yang diharapkan. Hasil output akan ditampilkan ke LCD untuk


memberikan informasi ke pengguna. Diharapkan dengan adanya alat ini dapat membantu masyarakat dalam memilih antara madu asli dan madu campuran.

Article Details

How to Cite
Hujjatur Rofiq, Miftachul Ulum, & Riza Alfita. (2019). Rancang Bangun Alat Pendeteksi Kualitas Madu Asli Dan Campuran Dengan Menggunakan Metode Fuzzy. SinarFe7, 2(1), 256–259. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/443
Section
Articles

References

. Adriani R. 2011. Identifikasi Dan Karakterisasi Sifat Kimia dan Sifat Fisika Dari Madu Asli Dengan Madu Yang Dijual Di Pasaran Medan. Skripsi : FMIPA USU.

. Maun S. 1999. Pemalsuan Madu Dengan Sakarosa. Jurnal Kedokteran Trisakti. Januari-April 1999-Vol. 18, No. 1.

. Al Rasyid Muhamad dkk. 2016. “Rancang Bangun Robot Pengering Lantai Otomatis Menggunakan Metode Fuzzy”. Jurnal Sistem Komputer Vol. 6, No.2.

. Wibowo Arief Bagus dkk. 2016. “Alat Uji Kualitas Madu Menggunakan Polarimeter Dan Sensor Warna”. Jurnal Teknik ITS Vol. 5, No.1.

. Putra Alfindra Ozil dkk. 2016. “Identifikasi Aroma Teh Dengan E-Nose Menggunakan Metode Backpropagation”. Seminar Nasional Sains dan Teknologi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta p-ISSN : 2407 – 1846. E- ISSN: 2460 – 8416.

. Pambudi Eko Prastyono dkk. 2014. “Identifikasi Daging Segar menggunakan Sensor Warna RGB TCS3200-DB”. Jurnal Teknologi Technoscientia Vol. 6, No.2.