Desain Battery Management System Dari Sumber Panel Surya Menggunakan Metode 4-Stage Charging

Main Article Content

Muhamad Adam Alkhaidir
Khusnul Hidayat
Nur Alif Mardiyah

Abstract

 PLTS off grid merupakan pembangkit listrik tenaga surya yang yang berdiri sendiri atau tidak terhubung ke jaringan listrik PLN dimana energi listrik yang dihasilkan disimpan ke baterai. Dengan manajemen pengisian baterai yang kurang baik menyebabkan daya dari sumber kurang tersimpan secara maksimal serta, waktu pengisian lebih lama dan mempercepat kerusakan baterai. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain sistem pengisian baterai jenis lithium-ion dengan spesifikasi tegangan nominal 120V 150Ah dengan menggunakan sumber listrik yang dihasilkan panel surya. Terdapat dua bagian utama dalam system yang akan didesain, yaitu MPPT dengan converter buck untuk memaksimalkan daya dari panel surya dengan daya 20kW. Keluaran dari MPPT akan diolah lagi untuk proses pengisian baterai. Metode untuk pengisian baterai yang digunakan adalah 4-stage charging, yaitu terdapat 4 tahapan dalam proses pengisian yaitu PWM, constant current, constant voltage dan float charge menggunakan converter buck untuk menurunkan tegangan . Metode pengisian 4-stage charging bertujuan untuk mempercepat proses pengisian baterai dan mengurangi resiko overcharge. Performa desain sistem pengisian baterai dengan metode 4-stage charging dibandingankan dengan


metode konvensional menggunakan bantuan simulasi SIMULINK MATLAB yang dijalankan selama 3000 detik menunjukkan bahwa metode 4-stage charging lebih cepat dari segi waktu pengisian dengan kapasitas baterai 97,58% sedangakan metode konvensional hanya mencapai kapasitas 93.94%.


 

Article Details

How to Cite
Muhamad Adam Alkhaidir, Khusnul Hidayat, & Nur Alif Mardiyah. (2019). Desain Battery Management System Dari Sumber Panel Surya Menggunakan Metode 4-Stage Charging. SinarFe7, 2(1), 270–275. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/446
Section
Articles

References

. Hussain S. Maraud and Isam M. Abdulbaqi, PhD., "Optimal Battery Charger Fed by Photovoltaic System based on Decreased Charging Current Method," International Journal of Computer Applications Volume 139 – No.(12): 12-21, 2016.

. Faizal Ahmad dan Bagus Setyaji, Desain Maximum Power Point Tracking (MPPT) pada Panel Surya MenggunakanMetode Sliding Mode Control," Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, Vol. 14, No. 1, 2016.

. Muhammad Thowil Afif, Ilham Ayu Putri Pratiwi, "Analisis Perbandingan Baterai Lithium-Ion, Lithium- Polymer, Lead Acid Dan Nickel-Metal Hydride Pada Penggunaan Mobil Listrik", Jurnal Rekayasa Mesin Vol.6, No.2 : 95-99, 2015.

. Abdul Karim, Wahyu Hasbi, " Analisis dan Pengujian Sistem Baterai Satelit Lapan-A2/ORARI ", Jurnal Teknologi Dirgantara, Vol. 10 No. 2 : 159-165, 2013.

. Riandanu Aldy Sadewo, Ekky Kurniawan, S.T., M.T., Kharisma Bani Adam, S.T., M.T. , "DESIGN AND IMPLEMENTATION OF CHARGING LEAD ACID BATTERY USING SOLAR CELL WITH THREE

STEPS CHARGING METHOD", e-Proceeding of Engineering : Vol.4, No.1. Page 26 – 36, 2017.