Perancangan Sistem pemantau Tekanan Darah Dengan Sensor Tekanan MPX5100GP Berbasis STM32F103

Main Article Content

Panca Muji Sulistyawan

Abstract

Salah satu permasalahan yang dihadapi sebagin besar orang yang sudah berumur adalah Hipertensi. Dengan tidak melakukan pemeriksaan secara rutin pada tenaga kesehatan menyebabkan seseorang tidak mengetahui berapa tekanan darah dalam tubuhnya. Sikap acuh tak acuh terhadap keadaan tekanan darah dikarenakan malas untuk periksa pada tenaga kesehatan membuat seseorang yang riwayatnya terkena hipertensi akan semakin buruk. Salah satu hal yang bisa dilakukan jika malas untuk periksa tekanan darah adalah dengan cara memiliki alat pengukur tekanan darah (tensimeter) sendiri. Dalam penelitian ini dibuat perancangan sistem pemantau tekanan darah yang diharapkan dapat dengan mudah dan efisien. Pada perancangan sistem ini menggunakan sensor tekanan MPX5100GP dan mikrokontroller STM32F103 sebagai pengolah datanya. Prinsip kerja sistem ini dengan memasang manset pad alengan pasien kemudian akan dipompa hingga sampai pada tekanan tertentu yang prinsip kerjanya mirip dengan tensimeter pada umumnya. Perbedaan yang terdapat pada sistem ini adalah proses pengoperasiannya otomatis karena terdapat mikrokontroller dan LCD akan menampilkan hasil pengukurannya. Sistem yang dibuat dapat digunakan untuk mengukur tekanan darah pada orang dewasa. Pangukuran pada sistem ini adalah pengukuran tekanan systole dan diastole. Pada sistem ini juga ditampilkan pada LCD apakah pasien mengalami hipertensi atau normal dengan parameter yang sudah ditentukan. Hasil pembacaan secara keseluruhan akan ditampilkan pada LCD 20x4 yang terhubung dengan Mikrokontroller STM32 menggunakan Modul I2C.

Article Details

How to Cite
Panca Muji Sulistyawan. (2021). Perancangan Sistem pemantau Tekanan Darah Dengan Sensor Tekanan MPX5100GP Berbasis STM32F103. SinarFe7, 4(1), 165–170. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/45
Section
Articles

References

P. Alat, U. Tekanan, D. Dan, J. Denyut, J. Berbasis, and A. Uno, “DESIGN OF BLOOD PRESSURE MEASURE AND HEART RATE BASED ON ARDUINO UNO,” vol. 3, no. 1.

E. Elviyana, A. E. Fahrudin, and I. Sugriwan, “Pengukur tekanan darah otomatis berbasis android,” pp. 40–48, 2003.

F. M. Kandou, D. Bahrun, M. Kes, S. R. U. A. Sompie, and I. B. S. Narasiang, “Rancang Bangun Alat Ukur Tekanan Darah Manusia Menggunakan Sensor 2SMPP Yang Dapat Menyimpan Data,” pp. 57–64, 2014.

M. A. Riyadi, “PADA PERGELANGAN TANGAN NENGGUNAKAN METODE OSCILLOMETRY BERBASIS ARDUINO MEGA 2560.”

A. H. Noviyanto, “APLIKASI SENSOR TEKANAN MPXM2053GS PADA ALAT UJI TEKANAN SPHYGMOMANOMETER BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA328,” pp. 87–94, 2012.

N. Yazid, P. Tekanan, D. Digital, D. Tinggi, and S. Tekanan, “Pemantau Tekanan Darah Digital Berbasis Sensor Tekanan MPX2050GP,” pp. 35–39.

A. Maharani, A. Muid, and N. Nurhasanah, “Rancang Bangun Alat Pengukur Volume Paru-paru Berbasis Sensor Tekanan Gas MPX5700DP dan Arduino Uno,” Prism. Fis., vol. 7, no. 3, p. 231, 2020, doi: 10.26418/pf.v7i3.37023.