Load Frequency Control pada Single Area Power System Menggunakan Kontrol Integral dan Proportional Integral

Main Article Content

Bagas Budi Wicaksono
Trisna Wati

Abstract

Load Frequency Control (LFC) memiliki peranan penting dalam sistem pembangkit listrik. Untuk menyuplai energi listrik dengan kualitas yang baik, maka LFC diperlukan sebagai penstabil frekuensi pada sistem pembangkit listrik. Hal ini dikarenakan energi lsitrik harus memiliki nilai frekuensi yang stabil (49-51Hz di Indonesia). Apabila frekuensi yang dihasilkan oleh pembangkit listrik tidak stabil, maka akan berpotensi merusak peralatan listrik rumah tangga yang menggunakan energi listrik dari pembangkit listrik tersebut. Frekuensi energy listrik dipengaruhi oleh kecepatan putar generator, apabila saat beban tinggi maka generator akan memiliki kecepatan putar yang lebih pelan. Begitu pula sebaliknya, apabila beban rendah, maka kecepatan putar generator akan bertambah, sehingga akan terjadi lonjakan frekuensi yang dapat merusak peralatan listrik. Load Frequency Control (LFC) merupakan solusi untuk permasalahan ini. Dalam jurnal ini Load Frequency Control (LFC) akan menggunakan kontrol Integral dan Proportional Integral (PI) yang akan disimulasikan dengan MATLAB- SIMULINK, yang nantinya hasil dari kedua kontrol tersebut akan dibandingkan satu sama lain.

Article Details

How to Cite
Bagas Budi Wicaksono, & Trisna Wati. (2019). Load Frequency Control pada Single Area Power System Menggunakan Kontrol Integral dan Proportional Integral. SinarFe7, 2(1), 303–306. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/452
Section
Articles

References

. M. Andrik, M Farul, I. Cahyono, and Rukslin,

“Optimasi load frequency control (LFC) pada sistem pembangkit listrik tenaga mikro hidro berbasis PID- ANFIS, ” Jurnal Rekayasa Mesin Vol.9, No.1 Tahun 2018: 61-64.

. S. K. Sharma, A. Agarwal, and A. Kulshrestha, “Proposed method to control load frequency in single area power system,” International Research Journal of Engineering and Technology Vol. 4, no. 10, pp 1592-1595, 2017.

.G. M. N. C. Aryanata, I N. Suweden, and I M. Mataram, “Studi analis governor sebagai load

frequency control pada PLTG menggunakan Fuzzy Logic Controller,” in Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, Vol. 17, No. 1,Januari -April 2018.

. Ubaidah, Khairudin, L. Hakim, Herri Gusmedi, “Load frequency control (LFC) pada mikrogrid menggunakan bulk storage battery,” Teknosia Vol.III, No.2, September 2017.

. A. Budinto, W. S. Pambudi, Sumari, and A. Yulianto,” PID Control Design for Biofuel Furnace using Arduino,” Telkomnika, vol.16, No 6, pp.3016- 3023, Desember 2018.