Rancang Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Angin Sumbu Vertikal Tipe Savonis Untuk Penerangan Perahu Nelayan

Main Article Content

1Moh Farouq
Efrita Arfah Zuliari
Trisna Wati

Abstract

Masyarakat di desa lumpur kabupaten gresik sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. Aktifitas sebagai nelayan dibantu dengan perahu berukuran panjang 10 meter dan lebar 2 meter untuk mencari ikan. Perahu ini membutuhkan penerangan lampu petromax sebagai penerangan pada saat malam hari. Penggunaan lampu pertromax ini membutuhkan bahan bakar sebagai sumber energi, sehingga perlu mencari inovasi baru untuk mencari sumber energy alternative. Pembangkit listrik tenaga angin merupakan salah satu sumber energy alternative tenaga listik untuk penerangan perahu nelayan. Pembangkit listrik tenaga angin menggunakan turbin angin sumbu vertikal tipe savonis mempunyai keuntungan apabila di aplikasikan pada perahu nelayan di bandingkan turbin angin tipe hotizontal. Keuntungan turbin angin sumbu vertikal tipe savonis adalah mudah dibuat, mudah perawatan, dan tidak perlu tiang tinggi. Konstruksi turbin angin sumbu vertikal tipe savonis yang dibuat pada penelitian ini adalah turbin dengan tiga sudu dengan lebar per sudu adalah 25 cm, tinggi turbin 50 cm. Generator yang dirancang memiliki tipe aksial dengan diameter rotor dan staror adalah 30 cm. Magnet pada rotor sebanyak 12 buah magnet, kumparan pada stator terdiri dari 12 gulungan kawat email yang berukuran 0.8 mm. Pada percobaan yang dilakukan,tegangan keluaran yang dihasilkan oleh pembangkitan ini adalah 0,8 volt untuk kecepatan angin 2.0 m/s ,


1.9 volt untuk kecepatan angin 2.5 m/s, dan 2.5 volt untuk kecepatan angin 3.0 m/s, 3 volt untuk kecepatan angin 3,5 m/s, 4 volt untuk kecepatan angin 5,2 volt. Pada penelitian ini, alat yang dibuat mampu bekerja dalam kecepatan angin rendah yaitu 2,0 m/s.

Article Details

How to Cite
1Moh Farouq, Efrita Arfah Zuliari, & Trisna Wati. (2019). Rancang Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Angin Sumbu Vertikal Tipe Savonis Untuk Penerangan Perahu Nelayan. SinarFe7, 2(1), 313–317. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/454
Section
Articles

References

. Rizki muhamad anshor., & Iskandar, R. “Performansi Turbin Angin Poros Vertikal Tipe Savonis 2 Tingkat Untuk Pengisian Baterai Sebagai Penerangan Lampu Nelayan Kota Padang”. Jurnal sistem mekanik dan thermal.2017.

. Dimas waluyo jati., dkk.“Perancangan Generator Fluks Axial Putaran Rendah Magnet Permanen Neodium Dengan Optimasi Lebar Celah Udara “, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik - Undip, 2014.

. Dhiyaul Farhan M.Nur, Ramdhan Halid Siregar S.T,. MT, Mahdi Syukri S.T,. MT.,“Perancangan Prototype Generator Magnet Permanen Fluks Aksial Pada Pembangkit Listrik Tenaga Angin Untuk Penerangan Lampu Jalan” Seminar Nasional dan ExpoTeknik Elektro, 2016.

. Herudin., dkk. “ Rancang Bangun Generator Sinkron 1 Fasa Magnet Permanen Kecepatan Rendah 750 RPM ”, Jurnal Teknik Elektro – Universitas Sultan Agung Tirtayasa,2016.