Rancang Bangun Alat Scoring Keahlian Dalam Tendangan Pinalti Berbasis Image Processing

Main Article Content

Aulia Rahman
Diana Putr Permatai Siwi
Wahyu S Pambudi

Abstract

Sepakbola adalah salah satu olahraga yang populer di dunia termasuk Indonesia. Dalam cabang olahraga sepakbola terdapat beberapa peraturan salah satunya tendangan pinalti, tendangan pinalti biasa digunakan untuk menentukan pemenang ketika pertandingan berakhir seri atau terjadi pelanggaran di area pinalti. Pengolahan citra digunakan untuk memproses sebuah citra dengan cara manipulasi suatu data citra yang diinginkan untuk mendapatkan informasi tertentu dari citra yang diperoleh. Pengolahan citra digunakan untuk menilai tendangan pinalti berdasarkan ketepatan bola memasuki gawang yang diperoleh kamera. Tujuan penelitian ini adalah menggunakan pengolahan citra dengan metode HSV untuk scoring tendangan pinalti. Deteksi warna bola menggunakan metode segmentasi warna HSV, metode HSV(Hue, Saturation, Value) adalah salah satu model klasifikasi untuk mengenali warna citra berdasarkan nilai panjang gelombang warna dominan yang diterima indra(hue), banyaknya warna putih yang bercampur(saturation) dan banyak cahaya yang diterima indra(value). Perancangan alat scoring tendangan pinalti menggunakan sensor ultrasonik sebagai trigger pada kamera untuk proses pengambilan citra bola. Dari perancangan sistem yang telah dijelaskan diatas didapatkan hasil bahwa penggunaan model warna HSV pada keseluruhan pengujian sistem dapat berjalan dengan tingkat keberhasilan 50%. Dan tingkat keberhasilan pada uji lapangan paling tinggi yaitu 80% dengan intensitas cahaya antara 95 – 105 lux.

Article Details

How to Cite
Aulia Rahman, Diana Putr Permatai Siwi, & Wahyu S Pambudi. (2019). Rancang Bangun Alat Scoring Keahlian Dalam Tendangan Pinalti Berbasis Image Processing. SinarFe7, 2(1), 318–323. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/455
Section
Articles

References

. PSSI (2013). Peraturan Permainan. Jakarta.

. Sukadianto. (1996). Olahraga: Majalah Ilmiah. Yogyakarta: ed. 1. FPOK IKIP Yogyakarta.

. Putra, D. Pengolahan Citra Digital, Andi : Jakarta.2010.

. Panth Shah, & Tithi Vyas.,(2014). “Interfacing of MATLAB with Arduino for Object Detection Algorithm Implementation using Serial Communication”, International Journal of Engineering Research & Technology (IJERT), ISSN: 2278-0181, vol 3, no. 10, p. 1067-1071.

. Kusumanto, R, D., Tompunu, A, N & Pambudi, W, S, (2011). “Klasifikasi Warna Menggunakan Pengolahan Model Warna HSV”, Jurnal Ilmiah Elite Elektro, Vol. 2, P: 83-87, No. 2.

. Budiharto, W. Purwanto, D., “Robot Vision Teknik Membangun Robot Cerdas Masa Depan (edisi revisi)”, Penerbit Andi : Yogyakarta. 2015.

. Arduino.cc “datasheet arduino mega 2560”.