Aplikasi Akses Pintu Kamar Apartemen Menggunakan QR Code Berbasis Android

Main Article Content

Azella Nanda Yudri
Iwan Iwut Tritoasmoro
Ratna Mayasari

Abstract

Perangkat keamanan berbasis teknologi sudah banyak diciptakan oleh banyak perusahaan, namun harga perangkatnya masih terbilang mahal. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan teknologi QR Code. Dengan keunggulan yang dimiliki QR Code saat ini dapat dimanfaatkan sebagai media akses pembuka pintu di apartemen. Disisi lain untuk menurunkan biaya peningkatan sistem keamanan menjadi lebih murah dapat memanfaatkan platform berbarsis Android sebagai QR Code reader. Oleh karena itu, pada penelitian ini dibuat aplikasi untuk akses pintu kamar apartemen menggunakan QR Code berbasis Android dengan nama My Door. Pada penelitian ini terdapat tiga metode pengujian yang dilakukan diantaranya pengujian fungsionalitas (sub-sistem), pengujian performansi QR di lapangan dan pengujian Mean Opinion Scores (MOS). Aplikasi ini memiliki delay dari QR Code ke servo rata-rata 3,68 detik dan delay sebesar 1,35 detik dari push button ke servo. Secara keseluruhan aplikasi sudah layak digunakan pada apartemen dan sesuai tujuan yaitu dapat membuat aplikasi Android untuk membuka akses pintu kamar apartemen dengan memanfaatkan QR Code sebagai media untuk membuka akses pintu tiap kamar apartemen melalui Android.

Article Details

How to Cite
Azella Nanda Yudri, Iwan Iwut Tritoasmoro, & Ratna Mayasari. (2019). Aplikasi Akses Pintu Kamar Apartemen Menggunakan QR Code Berbasis Android. SinarFe7, 3(1), 339–344. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/459
Section
Articles

References

. “Android Developer Guide.” [Online]. Available: http://developer.android.com. [Accessed: 23-Feb-2018].

. “D. N. Ramadan, A. G. Permana and H. , ‘Perancangan dan Realisasi Mobil Remote Control Menggunakan Firebase,’ Jurnal Elektro Telekomunikasi Terapan, pp. 505-512, 2017.”