Rancang Bangun Turbin Air Jenis Pleton Pada Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (Pltmh) Skala Laboratorium

Main Article Content

Syehty Wulan Sari

Abstract

Seiring dengan perkembangan peradaban manusia, tingkat kebutuhan energi juga semakin meningkat dan mengakibatkan menipisnya bahan bakar fosil sebagai sumber energi utama. Oleh karena itu diperlukan energi alternative yang terbarukan. Adapun tujuan dari pembangunan PLTMH ini adalah untuk memacu perekonomian daerah-daerah yang belum teraliri oleh listrik mengingat potensi tenaga air yang dimiliki oleh daerah tersebut.Penelitian ini menggunkan turbin air jenis Pleton dengan bahan dasar cutting whell untuk membentuk diameter turbin


tersebut.Turbin tersebut akan di teliti kinerjanya pada berbagai variasi debit air dan diameter nozzle.Sudu yang dipakai menggunkan pipa elbow yang berukuran 1 ½ ‘’ dengan sudut 45˚.





Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efesiensi debit air pada variasi bukaan kran pada sudut 22,5˚,45˚,67˚dan 90˚ ,untuk mengetahui ukuran diameter turbin pleton menggunakan 32 atau 25 cm terhadap debit air yang di hasilkan dan untuk mengetahui efesiensi ukuran diameter nozzle pada variasi pipa 1/3’’ dan 1/2’’.Metode penelitian ini meliputi beberapa aspek yaitu study literatur,pembuatan dan perancangan alat uji,pengambilan data dan menganalisa data.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa,pada uji coba bukaan kran sudut 90˚ efesien nilai debit air yang di keluarkan,pada uji coba ukuran diameter turbin Pleton 25cm mendapatkan hasil maximal terhadap nilai Rpm(putaran) dan untuk uji coba ukuran diameter pipa ½ ‘’ lebih maximal terhadap daya tampung sudu yang di pakai.Dengan rangkaian uji coba pada penelitian ini di dapatkan nilai output yang berupa tegangan tanpa beban untuk mengguji generator yang di pakai apakah sesuai dengan tipe generator tersebut.

Article Details

How to Cite
Syehty Wulan Sari. (2019). Rancang Bangun Turbin Air Jenis Pleton Pada Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (Pltmh) Skala Laboratorium. SinarFe7, 2(1), 430–435. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/478
Section
Articles

References

. Muhammad Firdaus Mangara Tambunan 2010.Perkembangan Konsumsi dan Penyediaan Energi Dalam Perekonomian Indonesia.Bogor: Indonesia Jurnal Of Agricultutal Econonics/IJAE.

. Rajab Yassen, S. 2014. Optimization of the Performance of Micro Hydro-Turbines for Electricity Generation.

. Fox, R.W., Dan A.T McDonald.1995. Introduction to Fluid Mechanics 3rd edition. USA. John Willey & Sons.