Mini Scada Plts Berbasis Arduino Uno Dan Visual Basic Menggunakan Web Api Crud

Main Article Content

Erwin Nur Cahyono
Agus Kiswantono

Abstract

Kebutuhan energi matahari di Indonesia masih terus berkembang. Pesatnya perkembangan teknologi di dunia industri dan pembangkit listrik telah memiliki dampak yang sangat signifikan di bidang komunikasi data dan instrumen.


Dengan perkembangan teknologi ini metode komunikasi juga berkembang, penggunaan SCADA diperlukan di dunia industri. tetapi harga untuk menginstal SCADA masih terlalu mahal. maka diperlukan inovasi untuk SCADA dengan harga rendah untuk industri industri kecil dengan sumber energi dari sel surya, dengan menjadikan Arduino Uno dan NodeMCU sebagai pengontrol dan Visual Basic sebagai HMI.


Berdasarkan hasil pengujian panas sangat berpengaruh terhadap kinerja surya karena mengandung bahan semikonduktor. fungsi sel surya adalah mengubah sinar matahari menjadi listrik melalui fotovoltaik. Sistem SCADA yang dibuat menggunakan Arduino Uno dan NodeMCU mengirim data harus menggunakan jaringan internet yang stabil. proses perlindungan pada perangkat saat ada kelebihan tegangan atau kelebihan arus sangat sensitif.

Article Details

How to Cite
Erwin Nur Cahyono, & Agus Kiswantono. (2019). Mini Scada Plts Berbasis Arduino Uno Dan Visual Basic Menggunakan Web Api Crud. SinarFe7, 2(1), 441–446. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/480
Section
Articles

References

. Kita Punya, “Pengertian dan Fungsi Baterai”, https://www.kitapunya.net/2013/12/pengertian-dan-fungsi- baterai-aki.html (diakses tanggal 20 februari 2019)

. PVE Education, “Fill Factor”, https://www.pveducation.org/pvcdrom/solar-cell-operation/fill- factor (diakses tanggal 03 maret 2019).

. PVE Education, “Open Circuit Voltage”, https://www.pveducation.org/pvcdrom/solar-cell- operation/open-circuit-voltage (diakses tanggal 03 maret 2019)

. PVE Education, “Ideality Factor”, https://www.pveducation.org/pvcdrom/solar-cell- operation/ideality-factor (diakses tanggal 03 maret 2019)

. PVE Education, “Solar Cell Efficiency”, https://www.pveducation.org/pvcdrom/solar-cell- operation/solar-cell-efficiency (diakses tanggal 03 maret 2019)

. JETri, Volume 8, Nomor 1, Agustus 2008, Halaman 37-56, ISSN 1412-0372.