Desain Kontrol Kecepatan Motor Brushless DC Menggunakan Double Boost Converter Berbasis PI

Main Article Content

Gita Arya Pratama
M. Krisna Ramadhani Ananta
Rio Winas Setia Budi
Belly Yan Dewantara
Iradiratu D. P.K

Abstract

Paper ini menampilkan desain double boost converter yang mempunyai kemampuan menggandakan tegangan dua kali lipat berturut turut beban DC yang menghasilkan tegangan output tambahan atau cadangan suplai pada beban. Pada umumnya double boost converter ini adalah konverter daya DC to Dc meningkatkan tegangan dari input (pasokan) ke output (beban) di desain menunjukkan bahwa dengan inputan sumber AC yang di searahkan terlebih dulu dengan converter penyearah berfungsi untuk mengatur kecepatan motor BLDC. Untuk pengontrolan pada beban motor menggunakan PI controller ( Proportional Integrator) dimana parameter PI controller diperoleh dari trial eror. PI controller juga berfungsi memperbaiki gelombang keluaran dan kecepatan motor BLDC.

Article Details

How to Cite
Gita Arya Pratama, M. Krisna Ramadhani Ananta, Rio Winas Setia Budi, Belly Yan Dewantara, & Iradiratu D. P.K. (2019). Desain Kontrol Kecepatan Motor Brushless DC Menggunakan Double Boost Converter Berbasis PI. SinarFe7, 2(1), 491–495. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/491
Section
Articles

References

. Gunawan. “Rancang Bangun DC-DC BuckConverter dengan PID Diskrit Sebagai Pengendali Tegangan Keluaran” UI, 2009.

. Friskarine Gity Cladella. Perbaikan Faktor Daya Pada Pengauran Kecepatan Motor Brushless Isolated-Cuk Konverter, Halaman 2-6, 2017.

. JFJ van Rensbug, MJ Case, DV Nicolae. Power and Control Engineering Technology, Halaman 7-9 , 2018.

. Hadyan Perdana Putra, Heri Suryoatmojo, dan Sjamsjul Anam Perbaikan Faktor Daya Menggunakan Cuk Converter pada Pengaturan Kecepatan Motor Brushless DC, Halaman 1-5, 2016.

. Ashari, Mochamad “Sistem Konverter DC”ITS Pers, Surabaya , Halaman 1-6, 2012.

. Nayar,MAshari, Phase Power Balancing of adiesel generator using a bidirectional PWM Inverter IEEE Power Engineering Review 19(11), 46-46, 1999.

. Setiawan Iwan, “Konrol PID Untuk Proses Industri” Elex media Kompotindo”, Halaman 1-5, 2008

. Ali Muhammad, “ Pembelajaran Perancangan Sistem Kontrol PID dengan Software Matlab” Jurnal Edukasi @Elektro, Vol.1,No. 1 Oktober 2004.