Evaluasi Koordinasi Proteksi pada Sistem Kelistrikan PT. Pertamina RU V Balikpapan dengan Mempertimbangkan Integrasi PLN

Main Article Content

Margo Pujiantara
Ngurah Adi Brahtmantia
Soedibyo

Abstract


  1. Pertamina RU V Balikpapan sebagai perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan minyak dan gas bumi membutuhkan koordinasi proteksi sistem kelistrikan yang efektif dan selektif. Untuk meningkatkan keandalan sistem kelistrikan, PT. Pertamina RU V Balikpapan bekerja sama dengan PLN untuk memenuhi kebutuhan listrik. Adanya integrasi sistem kelistrikan dengan PLN mengakibatkan koordinasi proteksi pada PT. Pertamina RU V Balikpapan perlu dievaluasi kembali. Pada tugas akhir ini, koordinasi proteksi yang dievaluasi yaitu rele arus lebih untuk gangguan fasa dan untuk gangguan ke tanah serta rele diferensial sebagai pengaman ring bus dan pengaman transformator. Evaluasi setting koordinasi proteksi pada PT. Pertamina RU V Balikpapan ini perlu memperhatikan nilai arus dan waktu dalam keadaan normal maupun dalam keadaan gangguan kelistrikan. Pada tugas akhir ini dilakukan evaluasi setting koordinasi proteksi, di sisi kelistrikan beban, sisi ring bus dan sisi kelistrikan penambahan PLN. Hasil koordinasi proteksi ini dapat melindungi peralatan dari gangguan arus lebih yang berupa arus beban lebih dan arus hubung singkat. Selain itu, hasil koordinasi proteksi pada tugas akhir ini dapat melindungi peralatan utama seperti motor, transformator dan generator.

Article Details

How to Cite
Margo Pujiantara, Ngurah Adi Brahtmantia, & Soedibyo. (2019). Evaluasi Koordinasi Proteksi pada Sistem Kelistrikan PT. Pertamina RU V Balikpapan dengan Mempertimbangkan Integrasi PLN. SinarFe7, 2(1), 509–515. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/494
Section
Articles

References

. IEEE Industry Applications Society, Ed., "IEEE Recommended Practice for Protection and Coordination of Industrial and Commerical Power Systems". New York: Inst. of Electrical and Electronics Engineers, 2001.

. P. M. Anderson, "Power System Protection". New York: IEEE Press, 1999.

. T. Gonen, "Modern Power System Analysis", 2nd ed. Boca Raton: CRC Press, 2013.

. J. D. Glover, M. S. Sarma, and T. J. Overbye, "Power System Analysis and Design", 5th ed. Stamford: Cengage Learning, 2012.

. B. D. Metz-Noblat, F. Dumas, and G. Thomasset, “Cahier Technique no. 158 Calculation of Short-Circuit Currents.” Schneider Electric, 2000.