Optimasi Output Photovoltaic Dengan Menggunakan Tracking Dinamis Berdasarkan Waktu Penyinaran Matahari

Main Article Content

Arif Wibowo
Rini Sulistyowati

Abstract

Salah satu energi alternatif yang sangat potensial di negara kita adalah Photovoltaic karena letak geografis negara kita yaitu didaerah tropis. Namun pada kenyataanya pemanfaatan photovoltaic adalah masih kurang maksimal karena adanya rotasi bumi yang menyebabkan gerak semu harian matahari. Dan salah satu cara untuk mengoptimalkan output Photovoltaic adalah dengan tracking dinamis. Sehingga dalam penelitian ini dirancang prototype tracking photovoltaic yang dapat bergerak dinamis berdasarkan waktu penyinaran matahari. Dimana dalam pergerakan Photovoltaic ini nantinya adalah sesuai dengan perhitungan sudut tracking yang berdasarkan arah sinar matahari. Untuk proses tracking ini diggunakan arduino uno sebagai kontrolnya. Dan dari hasil pengujian yang telah dilakukan, photovoltaic dinamis ini mampu meningkatkan daya pembangkitan sebesar 31,22% dibandingkan pemasangan statis pada beban pembangkitan maksimal.

Article Details

How to Cite
Arif Wibowo, & Rini Sulistyowati. (2019). Optimasi Output Photovoltaic Dengan Menggunakan Tracking Dinamis Berdasarkan Waktu Penyinaran Matahari. SinarFe7, 2(1), 515–522. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/495
Section
Articles

References

. Yohana, Eflita., dan Darmanto,”Uji Ekperimental Pengaruh Sudut Kemiringan Modul Surya 50 Watt Peak Dengan Posisi Mengikuti Pergerakan Arah Matahari”, Jurnal Publications: Universitas Diponegoro. Semarang.2012.

. Weried Priananda, Ciptian., dan Sulistyowati, Rini,ST.,MT,”Analisis Dan Simulasi Metode Hill ClimbingUntuk Maximum Power Point Tracker (MPPT) Pada Photovoltaic Statis”,Seminar Nasional Sains danTeknologi Terapan III Institut Teknologi Adhi Tama.

Surabaya.2015.

. Siswono, Hartono.,DR,”Tenaga Surya Sebagai Sumber Energi”, Seminar Publications: Universitas gunadharma. Jakarta. 2008.

. Hasibuan, AS,”Pengertian Real Time Clock”,(RTCDS1307). Universitas Sumatra utara. 2010.

. Kadir, Abdul,”Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler Dan Pemrogamanya Menggunakan Arduino”, Andi: Yogyakarta. 2012.

. T wati et al,” Design and Simulation of Electric Center Distribution Panel Based On Photovoltaic System”, IOP Conference Series: Material Science and Engineering 462. 2019.