Sistem Pendeteksi Kerusakan Jalan Berbasis Kamera dengan Algoritma Edge Detection

Main Article Content

Hairul Anam
Riza Alfita
Kunto Aji Wibisono

Abstract

Jalan merupakan salah satu prasarana transportasi yang penting bagi kendaraan bermotor untuk melakukan setiap aktifitas dalam berkendara. Dengan bertambahnya jumlah kendaraan bermotor setiap tahunnya, infrastruktur jalan perlu mendapat perhatian untuk kenyamanan dan keamanan pengguna jalan. Namun masih banyak kondisi jalan yang memprihatinkan, dimana banyak jalan yang rusak terutama jalan berlubang. Salah satu kendala keterlambatan dalam perbaikan jalan yaitu proses pendeteksian kerusakan jalan dilakukan dengan tenaga manusia sepenuhnya. Dengan cara seperti itu membutuhkan waktu yang relatif lama. Pada penelitian ini dikembangkan suatu sistem pendeteksi kerusakan jalan dengan menerapkan teknologi pengolahan citra dan juga pencatatan lokasi kerusakan jalan yang disimpan pada database. Sistem ini memanfaatkan webcam sebagai vision untuk pengambilan citra jalan secara real-time yang dipasang di bagian depan kendaraan dan module GPS untuk menentukan lokasi kerusakan jalan yang diolah oleh mikrokontroler Arduino uno. Hasil pengujian menunjukan bahwa tingkat keberhasilan dari suatu sistem mendeteksi kerusakan jalan menggunakan metode deteksi tepi Canny dan rata-rata warna citra sebesar 76%

Article Details

How to Cite
Hairul Anam, Riza Alfita, & Kunto Aji Wibisono. (2018). Sistem Pendeteksi Kerusakan Jalan Berbasis Kamera dengan Algoritma Edge Detection. SinarFe7, 1(1), 7–12. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/497
Section
Articles

References

. Kerusakan Jalan, https://dewagede96.blogspot.co.id/ 2016/04/jenis-kerusakan-jalan-pada-perkerasan.html, diakses 21 Oktober 2017.

. Barsyah Dwi Idestio dan Tjokorta Agung B.W. “Alternatif Pengukuran Luas Lubang Jalan Berbasis Data Video Menerapkan Threshold-based Marking dan GLCM” Universitas Telkom, Jurnal INKOM: Vol.7 No.2, 2013, pp. 57-65.

. R.A. Ramadlan Putra, R. Mardiyanto, dan D. Purwanto. “Implementasi Registrasi Citra Untuk Pencatatan Kondisi Jalan Raya Dengan Global Positioning System (GPS)”. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). 2013.

. Andy Suryowinoto dan Abdul Hamid. “Penggunaan Pengolahan Citra Digital Dengan Algoritma Edge Detection Dalam Mengidentifikasi Kerusakan Kontur Jalan”. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya. 2017.

. T.S. Prihartini dan P.N. Andono. “Deteksi Tepi Dengan Metode Laplacian of Gaussian Pada Citra Daun Tanaman Kopi”. Universitas Dian Nuswantoro Semarang. 2015.

. R.M. Siringoringo. “Design and Implementation Vehicle Monitoring Based on GPS and SMS”. Universitas Telkom. e-Proceeding of Applied Science Vol.1, No.1 April 2015. ISSN 2442-5826, pp. 868-875.

. S.Q. Aisyah, S.M. Nasution, dan A. Nugroho Jati. “Perancangan Dan Implementasi Sistem Akses Kontrol Pada Pintu Berbasis Teknologi Near Field Communication dengan Mikrokontroler Arduino Uno”. Universitas Telkom. e-Proceeding of Engineering : Vol.2, No.2 Agustus 2015. ISSN 2355-9365, pp. 3436-3441.

. Mandal Manisha, M. Katageri, M. Gandhi, Navin K. dan S. Sengupta. “Automated Management of Pothole Related Disasters Using Image Processing and Geotagging”. Institut Teknologi Mumbai. International Journal of Computer Science & Information Technology (IJCSIT) Vol. 7 No 6. Desember 2015, pp. 97-106.

. Seung-Ki Ryu, T. Kim, dan Young-Ro Kim. "Image-Based Pothole Detection System for ITS Service and Road Management System". Korea Institute of Civil Engineering and Building Technology. Hindawi Publishing Corporation Mathematical Problems in Engineering Vol. April 2015.