RANCANG BANGUN SISTEM GROUND STATION UNTUK ANALISA OBSERVASI ATMOSFER BUMI

Main Article Content

Yoga Bayu Ramadhan
Suryhadi

Abstract

Atmosfer adalah lapisan campuran gas yang membungkus permukaan bumi dan berfungsi sebagai pelindung kehidupan makhluk hidup di bumi. Pengamatan data atmosfer merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan penelitian di bidang-bidang yang terkait dengan cuaca dan iklim. Teknologi yang berkembang saat ini telah memungkinkan pengukuran parameter atmosfer secara vertikal insitu menggunakan teknologi muatan balon atmosfer yakni radiosonde, sebuah alat yang diterbangkan dengan wahana balon atmosfer yang dapat mengukur parameter- parameter atmosfer vertikal dan mengirimkan datanya melalui radio kepada sistem penerima di permukaan atau Ground Station (GS) secara serial. Penelitian ini akan mengembangkan teknologi tentang observasi parameter suhu, kelembaban udara, tekanan udara, kecepatan dan arah angin, Karbon Dioksida (CO2) dan posisi pada frekuensi 433 Mhz. Data-data hasil pengukuran akan disimpan pada database dan akan diolah menjadi informasi cuaca. Hasil penelitian pada sistem transmisi menunjukkan jarak jangkau dari Tx-Rx maksimal 100 meter pada kondisi Line Of Sight (LOS). Hasil percobaan menunjukkan bahwa sistem Ground Station (GS) untuk analisa atmosfer bumi memiliki kesalahan 3,72% untuk suhu, 2,65% untuk kelembaban, 0,16% untuk tekanan, dan GPS kurang dari 1%.

Article Details

How to Cite
Yoga Bayu Ramadhan, & Suryhadi. (2018). RANCANG BANGUN SISTEM GROUND STATION UNTUK ANALISA OBSERVASI ATMOSFER BUMI. SinarFe7, 1(1), 19–23. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/499
Section
Articles

References

. Abdul K. 2017. Pemrogaman Arduino dan Processing.

Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

. Carden F, Russell P, Jedlicka, Robert H. 2002. Telemetry Systems Engineering. ARTECH House.

. Hermana dan Assomadi. 2013. Atmosfer Sains dan Fenomena.http://academi.edu/ Hermana dan Assomadi/. Diakses pada tanggal 2 juli 2017.

. Isnianto, HN. 2012. Rancang Bangun Sistem Telemetri dan Monitoring Stasiun Cuaca Secara Nirkabel Berbasis Mikrokontroler. Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada.

. LAPAN. 2017. Buku Panduan KOMURINDO-KOMBAT 2017. Jakarta Timur: LAPAN.

. Malik. 2017. 5 Lapisan Atmosfer Bumi dan Penjelasannya. http://mengakujenius.com/5-lapisan-atmosfer-bumi-dan- penjelasannya/. Diakses pada tanggal 3 Agustus 2017.

. Suyudi, 2012. Komunikasi Serial dan Port Serial (COM). Teknik Informatika UMS.