PERANCANGAN GESTURE RECOGNITION DENGAN ANIMASI MENGGUNAKAN UNITY 3D DAN KINECT UNTUK KENDALI PERANGKAT ELEKTRONIKA

Main Article Content

M. Iqbal Arfiansyah
Diana Rahmawati
Achmad Fiqhi Ibadillah

Abstract

Gerakan tubuh adalah salah satu cara komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Menurut para ahli, 70% komunikasi manusia dilakukan dengan gesture atau gerakan.


Dengan perkembangan teknologi saat ini, gerakan tidak hanya digunakan untuk komunikasi secara non-verbal, namun sudah dikembangkan menjadi berbagai jenis teknologi baru seperti Game berbasis Virtual Reality dan media pembelajaran. pengenalan gerakan bertujuan untuk sistem kendali elektronika dengan menggunakan sensor depth kinect dan skeleton tracking yang terdapat pada mesin Unity3D. Proses tersebut dimulai dengan pendeteksian skeleton dari user melalui kinect. Selanjutnya diolah oleh mesin Unity3D kemudian diklasifikasi menggunakan Hidden Markov Model. Setelah proses klasifikasi berhasil, selanjutnya hasil gerakan diintegrasikan dengan mikrokontroler arduino dan relay untuk proses indikasi output berupa mati dan hidup perangkat elektronika/ lampu. Dari percobaan yang dilakukan, metode HMM sangat membantu proses identifikasi gerakan dengan akurasi sebesar 95.31%, sedangkan pengaruh kinect terhadap intensitas cahaya sebesar


83.79 %, dan pengaruh kondisi penghalang mendapat akurasi sebesar 97.22% terakhir adalah kondisi fisik user sebesar 98%.

Article Details

How to Cite
M. Iqbal Arfiansyah, Diana Rahmawati, & Achmad Fiqhi Ibadillah. (2018). PERANCANGAN GESTURE RECOGNITION DENGAN ANIMASI MENGGUNAKAN UNITY 3D DAN KINECT UNTUK KENDALI PERANGKAT ELEKTRONIKA. SinarFe7, 1(1), 24–29. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/500
Section
Articles

References

. Prasetyo,Muhammad EB. 2011. "Teori Dasar Hidden Markov Model".Jurnal STEI. ITB. Bandung

. Sukoco. 2011. Teknologi Motion Capture Untuk Pembuatan Film Animasi 3D. http://ejournal.unsa.ac.id/index.php/ijcss/issue/view/8.

. Lang,simon. 2011. Sign Language Recognition with Kinect. Freie Universität Berlin. Jerman.

. Chieh-Fu Hsieh et al. 2014. Modeling and analyzing biomolecular networks.

http://ieeexplore.ieee.org/document/976434/?reload=true

.IEEE Xplore Document.

. Xderhan. 2014. Belajar unity game engine. http://www.sederhanagulo.com/belajar-unity3d-game- engine.html. Indonesia. Diakses pada 18 desember 2017

. Putri, megarani. 2015. Skeletonisasi Citra Pembentukan Rangka Tubuh Manusia Dengan MATLAB 7.12. teknologi industri. Universitas gunadarma. Jakarta.

. Romy rom. 2015. http://belajar- unity3d.blogspot.co.id/2015/06/ fungsi-fungsi-dari- menu-bar-dan-tab-tab.html. Diakses pada 18 desember 2017

. Sinauarduino.2016. mengenal arduino software. http://www.sinauarduino.com/artikel/mengenal-arduino- software-ide/. Diakses pada 18 desember 2017

. Ridho N. 2016. “ Perancangan Aplikasi Gesture Recognition dengan Metode Hidden Markov Model Menggunakan Depth Sensor”. UIB. Batam

. Ying,yin. 2014. “ Real-Time Continuous Gesture Recognition for Natural Human-Computer Interaction” IEEE. USA

. Capilla, Daniel Martinez. (2012). Sign Language Translator using

. Microsoft Kinect XBOX 360™. University of Tennessee, Knoxville: USA.

. Robot,globe. 2015. Kinect 3D Camera can also be used in Bright Sunlight for outdoor Applications. http://robotglobe.org/now-kinect-3d-camera-can-also-be- used-in-bright-sunlight-for-outdoor-applications/. Dikses pada 13 maret 2018.

. SuyatnoAndhy, Primayudha. 2012. PROTOTYPE PERANGKAT DETECTOR KEBOCORAN GAS LPG BERBASIS ARDUINO (ATMEGA 328).UBN. Jakarta

. Wicaksono,handy. “Catatan Kuliah ‘automasi 1’”.

Universitas Kristen Petra. Surabaya

. L.E. Baum, J.A. Eagon. 1967 An inequality with applications to statistical estimation for probabilistic functions of Markov processes and to a model for ecology. Bull. Amer. Math. Soc., 73 (1967), pp. 360-363

. Rabiner, L. R. & Juang, B. H. (1986). An Introduction to Hidden Markov

. Model. IEEE ASSP Magazine 0740-7467/86/0100- 0004$01.00©1986 IEEE.

. Przemyslaw Dymarski, 2011"Hidden Markov Models, Theory and Applications". ISBN 978-953-307-208-1, Published: April 19, 2011 under CC BY-NC-SA 3.0 license

. Prasetyo, M. Eko Budi. (2011). Teori Dasar Hidden Markov Model. Makalah Statistika ITB Bandung. method for obtaining critical clearing time for transient stability,” IEEE Trans. Power Syst., vol. 25, no. 3, pp. 1620–1626, 2010.

. Karakter kinect , https://assetstore.unity.com/packages/ tools/kinect- with-ms-sdk-7747. Diakses pada 12 oktober 2017

. Rahmawati,Diana dkk. 2015. “Design and Simulation of Mini Garden Fuzzy Microirrigation System” jurnal ICVEE.UTM. Bangkalan.