Rancang Bangun Mesin Pengering Biji Kopi Berbasis Mikrokontroler Atmega32

Main Article Content

Syahri Muharom
Marcelinus Amalia Lamanele

Abstract

Pengolahan biji kopi secara baik dan benar, sangat mempengaruhi cita rasa kopi yang dihasilkan. Pada umumnya proses pengeringan dilakukan dengan sinar sinar matahari selama 3 sampai 4 minggu untuk mendadpatkana kadar air sebesar 12%. Dari lamanya waktu pengeringan tersebut, peneliti membuat sebuah mesin pengering biji kopi secara otomatis. Proses pengeringan dilakukan dengan memasukkan kopi basah dengan kadar air diatas 40% kedalam mesin pengering kopi, dengan suhu pada mesin pengering sebesar 50o sampai dengan 60oc. Pengaturan pemanas pada mesin pengering menggunakan rangkaian mikrokontroler ATmega32 dengan penambahan TCA785 sebagai rangkaian driver pemanas. TCA785 bekerja dengan penyulutan tegangan dari rangkaian DAC sebesar 0 sampai dengan 7,5 Volt DC, dan menghasilkan keluaran tegangan sebesar 4 sampai dengan 221 Volt AC. Proses pengeringan biji kopi pada mesin ini membutuhkan waktu antara 2 sampai dengan 5 jam, untuk mendapatkan kadar air pada biji kopi dibawawh 12%. Lamanya proses pengeringan pada mesin dipengaruhi oleh kadar air awal dan banyaknya biji kopi yang dikeringkan. Diharapkan dengan adanya mesin pengering biji kopi ini, proses pengeringan dapat dilakukan secara otomatis dan lebih cepat dibandingkan dengan proses manual.

Article Details

How to Cite
Syahri Muharom, & Marcelinus Amalia Lamanele. (2018). Rancang Bangun Mesin Pengering Biji Kopi Berbasis Mikrokontroler Atmega32. SinarFe7, 1(1), 36–41. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/502
Section
Articles

References

. Bambang prastowo (dkk), 2010. “Buku Budidaya dan pasca panen kopi” pusat penelitian dan pengembangan perkebunan Bogor

. Roelofsen, P.A. 1958. “Fermentation, drying, and storage of cocoa beans, Advanes in food research, 8:255-296”.

. P.C.S Cramer. 1952. “A Review of Literature of Coffee Research in Indonesia ” General Agricultureal Experiment Station, Bogor (Buitensorg) Java.

. Ardi Winoto, 2010, “Buku Mikrokontroler AVR Atmega8/32/16/8535 dan Pemrogramanya dengan Bahasa C pada WinAVR”. Informatika.

. Alldatasheet “SHT1x/SHT7x Humidity & Temperature Sensor”. Sensirion the sensor company.

Emarte.com “Humidity/Temperature sensor module HSM-20G”.

.Alldatasheet “Phase Control IC TCA785” Siemens semiconductor group.

. Allaboutcircuit.com “Digital Analog Conversion ” R2R Circuit.