Desain Bel Listrik Otomatis Berbasis Arduino dan RTC DS1302 Untuk Penjadwalan Menggunakan Fungsi Logika IF

Main Article Content

Yunaldi M.Z.M Adang
Puput Dani Prasetyo Adi

Abstract

Bel Listrik ini menggunakan teknologi mikrokontroler Arduino, dengan dikombinasikan menggunakan Realtime Clock (RTC) DS1302 untuk mendapatkan Update waktu yang sesuai dengan waktu realtime. Waktu yang dimaksud adalah hari, tanggal dan jam, jam ini dalam jam, menit dan detik. Tugas dari mikrokontroller Arduino adalah memproses data waktu berdasarkan data yang diambil dari RTC DS1302 kemudian memprosesnya berdasarkan kebutuhan waktu pada Proses belajar mengajar di Program Studi Teknik Elektro Universitas Merdeka Malang. Mikrokontroler Arduino membutuhkan Library RTC DS1302 untuk bisa membaca coding dari RTC DS1302 untuk kemudian bisa di compile oleh compiler Arduino. Program yang akan dibuat disesuaikan dengan jadwal selama satu semester pembelajaran di Program Studi Teknik Elektro Universitas Merdeka Malang, sehingga didapatkan sistem bel listrik yang otomatis, yang akan berbunyi sesuai dengan pengaturan waktu atau pengaturan tanda bel dalam proses pembelajaran yang berlangsung di Program Studi Teknik Elektro Universitas Merdeka Malang.

Article Details

How to Cite
Yunaldi M.Z.M Adang, & Puput Dani Prasetyo Adi. (2018). Desain Bel Listrik Otomatis Berbasis Arduino dan RTC DS1302 Untuk Penjadwalan Menggunakan Fungsi Logika IF. SinarFe7, 1(1), 42–46. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/503
Section
Articles

References

. Purdum, Jack; “ Beginning C for Arduino, Learn C Programming for the Arduino” , Second Edition, Technology in Action Press, 2015.

. Syed Omar Faruk Towaha, “ Learning C for Arduino, A Comprehensive guide that will help you ace C's fundamental using the powerfull Arduino board ”, Packt Publishing Ltd, 2017.

. Boloor Jagadish Adith, “ Design and build fantastic projects and devices using the Arduino platform ”, Packt Publishing Ltd. 2015.

. Adith Jagdish Boloor, Samarth Shah, Utsav Shah, Marco Schwartz; “ Arduino: Building LED and Espionage Projects ”; Packt Publishing Ltd, 2016.

. Samarth Shah, Utsav Shah; “Arduino BLINK Blueprints”; Packt Publishing Ltd, 2016.

. Miltiadis A. Boboulos, Automation and Robotics, bookboon The ebook company, ISBN 978-87-7681-696-4, Bookboon.com, 2010.