RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING INDIKATOR BBM PADA GENSET GNS-2500 BERBASIS IMAGE PROCESSING

Main Article Content

Gian Samudra
Djogi Lubis

Abstract

Generator Set (Genset) sangat berguna untuk gedung perkantoran dan gedung-gedung serbaguna lainnya. Fungsi genset sendiri digunakan untuk mensupply listrik jika listrik Perusahaan Listrik Negara (PLN) padam. Pada gedung kantor Surabaya Intelegent Transport System (SITS), terdapat genset 3 phase. Genset ini selalu dipantau kondisinya agar mengetahui kondisi yang dapat merusak genset contohnya, kondisi bahan bakar dapat habis, ini sangat penting karena Genset harus selalu memiliki bahan bakar penuh untuk mempersiapkan Genset bekerja saat listrik padam. Genset memiliki indikator bahan bakar sendiri untuk memudahkan pemeriksaan kondisi bahan bakar, Tetapi pada permasalahan yang dihadapi adalah pemantauan genset yang cukup jauh dan membuang tenaga, oleh karena itu saya akan membuat sebuah alat pemantauan kondisi genset pada indikator bahan bakar yang memudahkan pemantau untuk dapat melihat kondisi genset dengan praktis dan efisien tenaga kerja. Pemantuan yang dipakai adalah sebuah PC dengan interface Delphi 7 dan Suara peringatan. Untuk pengolahan citra indikator bahan bakar menggunakan Raspberry Pi 3.

Article Details

How to Cite
Gian Samudra, & Djogi Lubis. (2018). RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING INDIKATOR BBM PADA GENSET GNS-2500 BERBASIS IMAGE PROCESSING. SinarFe7, 1(1), 53–58. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/506
Section
Articles

References

.A. Amanda, R. Magdalena, and G. Budiman, "Implementasi Dan Analisis Pendeteksian Parkir Mobil Berbasis Pengolahan Citra Digital," in 2011 Universitas Telkom, Bandung, 2011.

.Denis, "Perancangan Engine Generator Control Panel Menggunakan Quantum PLC," in 2012 Universitas Diponegoro, Semarang, 2012.

.B. Ermanto, F. Imansyah, and R. R. Yocoub, "Monitoring Kondisi Tegangan Accu Dengan menggunakan Komunikasi Bluetooth HC-05 Dengan Smartphone Android," in 2016 Universitas Tanjungpura, Pontianak, 2016.

.E. Kristianto, "Monitoring Suhu Jarak Jauh Generator Ac Berbasis Mikrokontroler," in 2013 Universitas Negeri Yogyakarta, 2013.

.I. Kurniawan, H, Priyatman, and A. Elbani, "Rancang Bangun Sistem Monitoring Penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) Dan Temperatur Pada Generator Menggunakan SMS Berbasis Pengendali Mikro," in 2015 Universitas Tanjungpura,

Pontianak, 2015.

.L. B. Prianggodo, "Perancangan Object Tracking Robot Berbasis Image Processing Menggunakan Raspberry PI," in 2016 Universitas Muhammadiyah,

Surakarta, 2016.

M. H. Setiawan, "Rancang Bangun Navigasi Kursi Roda Berbasis Image Processing Dilengkapi Dengan Safety Distance System," in 2014 Universitas Jember, Jember, 2014.

.D. N. A. Syahputra, "Algoritma Pendeteksi Marka Jalan Berbasis Pengolahan Citra Sebagai Pemandu Navigasi Pada Miniatur Mobil," in 2017 Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, 2017.

.Team Penyusun Modul Delphi, ”Modul Praktek Laboratorium Komputer Borland Delphi," in 2006 Bina Sarana Informatika, Jakarta, 2006.