PERANCANGAN ELECTRIC SYSTEM POWER SWITCH PADA KENDARAAN HYBRID RODA DUA MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ATMEGA 8535

Main Article Content

Endi Permata
Alimuddin
Shandi Irawan

Abstract

Perkembangan teknologi dalam mencari energi alternatif saat ini telah banyak dilakukan dalam berbagai percobaan dan penelitian. Bidang otomotif menggunakan energi penggerak dari sumber bahan bakar fosil bumi yang menghasilkan polusi CO dan CO2 dapat mempercepat pemanasan global. Negara-negara maju telah mengembangkan kendaraan yang mengurangi ketergantungan penggunaan bahan bakar dari bumi yang terbatas serta ramah lingkungan tanpa polusi dengan sumber utama yaitu energi listrik. Kendaraan listrik menyimpan energi listrik pada baterai sebagai sumber utama, sehingga memerlukan monitoring terhadap pemakaian tegangan dan arus baterai. Modul power switch berfungsi untuk mengatur kinerja pendistribusian pengisian baterai dari panel surya sebagai sumber tambahan pada kendaraan listrik dan menggunakan tansistor 2N3904, relay sebagai switch. Sistem tersebut bekerja berdasarkan pengukuran tegangan dan arus dari baterai menggunakan mikrokontroler ATMEGA8535 sebagai pengendali dan pengolah data dengan hasil pengukuran ditampilkan pada LCD display. Batas aktif “switch ON” pada tegangan 46 Volt menghubungkan sumber dari panel surya ke baterai dan “switch OFF” pada tegangan baterai 48 Volt dengan


% error rata-rata pengukuran sensor tegangan 0,22% dengan drop tegangan baterai 49–44 Volt. Pengukuran dengan sensor arus sebesar 28 Ampere dengan % error rata-rata pengukuran sebesar 8,85 % pada saat berjalan.


 

Article Details

How to Cite
Endi Permata, Alimuddin, & Shandi Irawan. (2018). PERANCANGAN ELECTRIC SYSTEM POWER SWITCH PADA KENDARAAN HYBRID RODA DUA MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ATMEGA 8535. SinarFe7, 1(1), 69–74. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/509
Section
Articles

References

.Hidayat, Taufik. 2012. Rancang Bangun Sistem Power Control Pada Mobil Listrik ZEC-01 dengan

Menggunakan Logic Solver. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

.Aldino, B. A-S. 2011. Purwarupa Power Control Pada Electronic Power System Untuk Monitoring Power Charging/Discharging Baterai. Jurnal IJEIS.

.Bejo, A. C dan AVR Rahasia kemudahan Bahasa C Dalam Mikrokontroler 8535. 2008, Yogyakarta : Graha Ilmu.

.Winoto, A. Mikrokontroler AVR ATmega 8/32/16/8535 Dan Pemrogramannya Dengan Bahasa C Pada WnAVR.2008. Bandung : Informatika.

.Atmel. ATmega 8535 Data sheet. 2006, United State America : Orchad Parkway.

.Agung Wahana, A. Grummy. 2013. Rancang Bangun Sistem Kelistrikan Body pada Mobil Listrik Garuda UNESA. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.

.Malvino,A.P. Prinsip-prinsip Elektronik edisi ke 2. Alih bahasa Gunawan, Hanapi. Jakarta : Erlangga.

.Jr, W H-H., & Kemmerly, J.E. (-). Rangkayan Listrik Jilid 1Edisi ke 4. Alih bahasa Silaban, Pantur. Jakarta : Erlangga.

.Honey well, Inc. 2004. “Hall Effect Sensing and Aplication”. Illinois, USA.

.Rohman, Y. A. Budikarso & H. Amran D.2009. Rancang Bangun Sistem Pengukuran Arus Berbasis Mikrokontroller ATmega 8535.

.Ario Wibawa. 2012. Analisis Konsumsi Energi Menggunakan Profil Kecepatan Pada Kendaraan Listrik. Universitas Indonesia. Depok.

.Jovendra, Heru. 2012. Rancang Bangun Kendaraan Listrik Dengan Memanfaatkan Potensi Sel Surya. Universitas Indonesia. Depok.