Rancang Bangun Alat Pendeteksi Nominal Dan Keaslian Uang Kertas Bagi Tunanetra

Main Article Content

Rio Meka Rizqi
Untung Sukoto

Abstract

Di zaman modern ini pasti semua orang tidak jauh dengan perniagaan, hampir di seluruh pelosok negeri ini terjadi sebuah transaksi jual beli, tapi sayangnya tidak semua orang dapat melakukan transaksi secara cepat dan aman. ambil sebuah contoh dari seorang pedagang yang memiliki keterbatasan melihat / tunanetra dalam sebuah transaksi, pedagang tersebut harus meraba-raba simbol yang ada pada uang kertas yang di berikan oleh pelanganya untuk mengetahui nominal uang tersebut, belum lagi saat akan meberikan kembalian sehinga transaksi tersebut berlangsung sangat lama. Belajar dari kasus tersebut penulis ingin menciptakan alat yang mampu membantu tunanetra. Alat ini berfungsi untuk mendeteksi nominal uang kertas emisi baru (2016) yang memiliki beragam warna dengan mengunakan sensor warna TCS3200 dan ditambahkan metode jaringan saraf tiruan backpropagation. Alat ini juga dapat mendeteksi keaslian uang kertas dengan memanfaatkan pita magnetik yang terdapat pada uang kertas sebagai indikatornya, alat ini memberikan output audio nominal uang tersebut dan audio tanda keaslian uang ke pengguna. Dari hasil pengujian deteksi nominal mata uang kertas, diperoleh tingkat keberhasilan 88,57%, sedangkan pengujian keaslian uang mencapai 65%.

Article Details

How to Cite
Rio Meka Rizqi, & Untung Sukoto. (2018). Rancang Bangun Alat Pendeteksi Nominal Dan Keaslian Uang Kertas Bagi Tunanetra. SinarFe7, 1(1), 81–86. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/511
Section
Articles

References

. Wahyuni, E. “Makna Hidup Penyandang Cacat Tunanetra yang Berprofesi Sebagai Tukang Pijat,” FPSI UG, Depok, 2011.

. Porbadi. D, “Alat Deteksi Nominal Uang Kertas Untuk Penyandang Tuna Netra,” FT UB, Malang, 2014. pp. 1-12.

. Sukarno, N. Wirawan, P. And Adhy, S. "Perancangan dan Implementasi Jaringan Saraf Tiruan Backpropagation Untuk Mendignosa Penyakit Kulit," J.MASIF. vol.5, no.10, pp. 9- 18, 2014.

. Purnomo, M. Kurniawan, A. “Metode Backpropagation,” in Supervised Neural Networks dan Aplikasinya, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006. pp. 32-39.

. Agustin, M. Prahasto, T. “Penggunaan Jaringan Saraf Tiruan Backpropagation Untuk Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Pada Jurusan Teknik Komputer Di Politeknik Negeri Sriwijaya”, JSINBIS. vol.2, no.2, pp. 89-97, Jun.2012.