Robot Pramusaji

Main Article Content

M Arief Syarifudin
Sugiari

Abstract

Dalam dunia kuliner baru-baru ini menjadi pusat perhatian para pebisnis untuk membuat usaha rumah makan. Pelayan yang bekerja dirumah makan seringkali merasa kelelahan dan bosan dalam menjalankan tugas-tugas mereka dikarenakan terlalu banyak pesanan yang harus dibuat bagi para pelanggan, yang dapat menyebabkan beberapa kesalahan kerja yang fatal baik dari segi teknis maupun pelayanan secara pribadi dari pihak restaurant sendiri. Untuk menangani beberapa hal tersebut, maka terdapat beberapa alternative untuk membantu pekerjaan para pelayan direstauran dalam melakukan pelayanan makanana di rumah makan dalam membantu pekerjaan para pelayan.


Robot yang akan dibuat ini adalah robot mobile yang berbasis robot cerdas pelayanan Line Follower yang akan mengikuti garis lintasan yang ditentukan menuju meja pelanggan yang memesan makanan yang disebut dengan Robot Pramusaji. Terdapat empat jalur yang digunakan sebagai jalan bagi robot dalam mengantar makanan bagi pelanggan. Membuat robot pramusaji cerdas terdiri dari 3 (tiga) tahap. Pertama, Hardware, Software, dan Mekanik Desain. Kedua, Sistem Manufaktur yang terdari dari elektronik dan pemrograman sistem. Ketiga, pemecahan masalah dan alat perbaikan untuk memastikan alat dapat bekerja dengan baik.

Article Details

How to Cite
M Arief Syarifudin, & Sugiari. (2018). Robot Pramusaji. SinarFe7, 1(1), 106–108. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/516
Section
Articles

References

. Nidzam, M.Azmi. 2016. Jurnal Robot Pramusaji Cerdas Berbasis Line Follower System. Gunadarma University.